Sentani (ANTARA News) - Jalan masuk daerah Kalkote, Sentani, Kabupaten Jayapura yang merupakan arena pesta budaya akbar Festival Danau Sentani (FDS) 2010, telah diperlebar dan diaspal, sehingga dapat dilalui kendaraan roda empat.

Pantauan dari Kalkote, Sentani ibukota kabupaten Jayapura, Selasa, tampak jalan masuk arena pagelaran FDS, yang pada tahun sebelumnya banyak dikeluhkan pengunjung karena jalan yang relatif sempit, saat ini sudah diperluas.

Bahkan ada sebagian jalan, persis memasuki arena FDS telah dibuat dua jalur, sehingga sangat memudahkan keluar masuk kendaraaan saat berlangsungnya FDS pada 19-23 Juni mendatang.

Yan Piet Tungkoye, salah seorang warga Sentani yang ditemui di sekitar arena FDS mengakui sangat senang dengan langkah pelebaran jalan masuk lokasi pesta budaya itu.

"Kita tahu selama dua tahun pegelaran FDS, akses jalan masuk arena menjadi salah satu yang paling dikeluhkan pengunjung karena relatif sempit," katanya.

Yan, yang mengaku lulusan Fakultas Hukum Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura itu menambahkan, selain jalan masuk, persiapan seluruh arena FDS kali ini relatif lebih bagus dari tahun-tahun sebelumnya.

"Lihat saja, FDS belum dimulai arenanya sudah ramai dikunjungi masyarakat," tuturnya.

Ketua panitia pelaksana FDS 2010, Ir Anna Sawai mengatakan, persiapan yang dilakukan menyambut FDS sudah lebih dari 90 persen.

"Kami berupaya memberikan kesan yang terbaik pada pengunjung FDS nanti," kata Anna Sawai.

FDS akan dilaksanakan di Pantai Kalkote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, sekiatar 3 km dari pusat Kota Sentani, ibukota Kabupaten Jayapura atau dari Bandar Undara Sentani dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan, baik roda dua maupun empat dan perahu.

Pada perhelatan budaya Festival Danau Sentani nanti, masyarakat Kabupaten Jayapura akan menggelar berbagai tarian tradisional dan sendra tari "keping-keping rahasia Danau Sentani" di atas perahu dan penampilan secara kolosal iringan musik rakyat, suling tambur dan lagu rakyat dengan aneka permainan rakyat termasuk tarian Nusantara.

Seluruh rangkaian lomba yang akan digelar dalam rangka FDS tidak terlepas dari tema hajatan akbar Pemerintah Kabupaten Jayapura yakni "Cinta Budaya Untuk Masa Depan kami".(KR-MBK/S004)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010