Jayapura (ANTARA News) - Hari terakhir pelaksanaan Festival Danau Sentani 2010 di Kalkhote, Sentani, Ibukota klabupaten Jayapura, Rabu, dipadati ribuan pengunjung baik warga lokal, turis dalam, dan luar negeri.

Pantauan dari lokasi Festival Danau Sentani (FDS), sekitar lima ribu pengunjung sejak pagi telah memadati lokasi guna melihat secara langsung pagelaran tarian dan demo kuliner yang disiapkan panitia penyelenggara.

Bahkan akibat banyaknya kendaraan roda dua dan empat yang dipakai pengunjung yang hadir, membuat tempat parkir kendaraan yang disediakan panitia tidak bisa menampung, sehingga sebagian harus diparkir di sepanjang jalan masuk arena FDS.

Charles Korowa salah seorang pengunjung FDS mengatakan, ia sengaja datang lebih awal agar bisa melihat semua atraksi yang dipertontonkan dalam hari terakhir pelaksanaan FDS.

"Kami datang sejak pagi hari, karena ingin menyaksikan semua atraksi budaya dan menyewa perahu untuk berjalan-jalan mengelilingi danau," kata Charles yang ditemani adiknya Agusto Korowa.

Hal senada dikatakan pengunjung FDS lainnya, Jean Ohee, yang mengaku sangat tertarik dengan berbagai atraksi budaya yang digelar panitia.

"Saya memang sangat senang menonton setiap atraksi yang digelar dalam FDS tahun ini," ujar Jean Ohee seraya menambahkan dirinya juga menantikan pesta kembang api saat puncak acara penutupan FDS malam nanti.

Sesuai jadwal pelaksanaan FDS yang berlangsung 19-23 Juni, acara penutupan pesta budaya akbar ini akan segera dilakukan sekitar pukul 16.00 WIT, oleh bupati kabupaten Jayapura, Habel Melkias Suwae.

Dalam kesempatan tersebut, bupati Habel melkias Suwae juga akan menyerahkan cinderamata kepada enam kabupaten di Papua lainnya yang ikut berpartisipasi dalam pagelaran FDS tahun ini.

(KR-MBK/S004/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010