Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan aplikasi Internet dan mobile, m-STARS, memperkenalkan sejumlah aplikasi untuk layanan konten online diantaranya LILO, DR. M, dan adstars.

m-STARS menciptakan beberapa aplikasi yang kreatif. LILO adalah sebuah digital media online interaktif 3D dengan fitur-fitur jaringan sosial virtual dan permainan (games), kata CEO PT Antar Mitra Prakarsa (m-STARS) Joseph Lumban Gaol di kantor baru perusahaan itu di Kemang, Jakarta, Rabu.

Pengguna cukup mengunduh dan menginstal perangkat lunak sebelum mendaftar dan log on ke permainan.

"Di dalam, pengguna memasuki dunia virtual dimana mereka dapat bertransaksi dan berinteraksi dengan user lain yang login ke aplikasi,ujarnya.

m-STARS juga memiliki aplikasi Dr.M (dokter musik) yaitu aplikasi untuk Digital Label Record, para pengguna bisa mendapatkan atau mendengar rekaman secara digital termasuk track lagu.

"Banyak beberapa artis seperti Nugie dan Saykoji yang menggunakan aplikasi Dr.M," ujarnya.

Untuk dunia iklan m-STARS mempunyai aplikasi adstars.

Menurut Joseph, kreatifitas menciptakan konten menarik adalah cara agar industri online bisa bertahan dan berkembang di tengah maraknya industri online yang berjatuhan.

"Bagaimana kita menciptakan konten Internet yang menarik sehingga publik terus mengaksesnya dan industri online bisa bertahan yaitu dengan bereksperimen," ujarnya.

Para industri on-line pun harus bisa melihat peluang akan berkembangnya ponsel berbasis Internet karena Indonesia termasuk pengguna Internet Mobile terbesar di Asia.

"Terdapat banyak alasan kenapa mobile menjadi peluang bisnis yang besar antara lain, ponsel adalah pemberi informasi seperti media massa yang bersifat pribadi, ponsel selalu aktif, ponsel memiliki penonton akurat yang bisa dihitung dan ponsel merupakan konsumsi sosial media," ujarnya.

m-STARS bergerak dalam bisnis mobile dan Internet konvergensi. m-STARS memasuki pasar pada 1999 dan menjadi perusahaan pertama yang menawarkan mobile banking di Indonesia melalui kemitraan dengan platform STK Smart Trust.

Platform ini memungkinkan keamanan dan otentikasi non penolakan.

Pada 2000 m-STARS meluncurkan aplikasi dengan bank lokal terbesar, Bank Central Asia, sedangkan kemitraan dengan salah satu operator telekomunikasi di Indonesia dijalinnya dengan PT Excelcomindo Pratama (XL).

(Adm/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010