Washington (ANTARA News/AFP) - Jendral AS Stanley McChrystal mengatakan, Rabu, ia mundur sebagai komandan pasukan pimpinan NATO di Afghanistan karena komitmen pada tentara dan "untuk melihat misi berhasil".

"Pagi ini presiden telah menerima pengunduran diri saya sebagai komandan AS dan pasukan koalisi NATO di Afghanistan," kata McChrystal dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan tak lama setelah Presiden Barack Obama mengumumkan bahwa ia telah mengganti jenderal tersebut.

"Saya benar-benar mendukung strategi presiden di Afghanistan dan sangat berkomitmen pada pasukan koalisi kita, negara-negara mitra kita, dan rakyat Afghanistan," ia menegaskan.

"Karena penghormatan pada komitmen itu -- dan keinginan untuk melihat misi tersebut berhasil -- maka saya ajukan pengunduran diri saya."

Jendral bintang empat itu tidak menyebut mengenai tulisan di majalah yang telah menimbulkan kegemparan pekan ini, di mana ia dan beberapa pembantunya mencemoohkan para pejabat penting pemerintah dan berbicara meremehkan Obama.

McChrystal ditunjuk sebagai komandan di Afghanistan baru setahun lalu.

Obama menggantinya dengan pahlawan perang AS, Jendral David Petraeus, dengan menekankan bahwa itu hanya perubahan personil, bukan perubahan kebijakan dalam perang di Afghanistan. (S008/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010