Gianyar, Bali (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, menggelar pasar tani menjelang hari raya Galungan dan Kuningan 2021 agar masyarakat mendapatkan bahan pokok dan bahan upacara yang murah sedangkan produk petani dapat langsung dipasarkan dan dibeli masyarakat.

"Pasar tani dilaksanakan guna membantu petani memasarkan hasil pertanian. Pasar tani dilaksanakan untuk mendekatkan petani dengan konsumen,” ujar Kepala Dinas Pertanian Gianyar I Made Raka dalam siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gianyar, Sabtu.

Ia mengemukakan bahwa hal ini adalah kegiatan rutin yang biasa dilaksanakan setiap enam bulan sekali menjelang penyelenggaraan hari raya Galungan dan Kuningan.

Kegiatan ini
memasarkan produk hasil pertanian dan UMKM binaan Disperindag dan TP PKK Kabupaten Gianyar, Pemerintah Kabupaten Gianyar menggelar pasar tani di areal parkir Kantor Bupati Gianyar.
Baca juga: Mentan: Pasar Mitra Tani bukan untuk saingi pasar tradisional
Baca juga: Kadin apresiasi Pasar Tani Kementan fasilitasi belanja daring


Beberapa petani yang tergabung dalam asosiasi petani hortikultura Kabupaten Gianyar ikut menjajakan hasil pertaniannya. Dimana diantaranya ada yang dari Kecamatan Payangan, Tampaksiring, Tegalalang bahkan ada yang dari Kecamatan Sukawati.

Ada beberapa produk pertanian yang dijual, seperti pisang, jeruk, sayuran, janur, aneka bumbu masakan, dupa dan beberapa produk kebutuhan upacara menjelang hari raya. Sedangkan Disperindag menjual sembako bekerjasa sama dengan Perum Bulog Bali, dan dari TP PKK Gianyar dijual beberapa kue-kue kering khas hari raya.

Sementara itu, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar Luh Gede Eka Suary mengatakan kegiatan ini membantu petani, pasar tani dan juga membantu pelaku UMKM dalam memasarkan hasil produksinya.

Pasar tani itu, ujar dia, juga bertujuan meningkatkan pendapatan petani dan pelaku UMKM melalui pemanfaatan produk lokal untuk meringankan beban masyarakat dalam menyambut hari raya Galungan dan Kuningan di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Hemat uang belanja menjelang Ramadhan, PMT solusinya
Baca juga: Pasar Mitra Tani jual pangan lebih murah 10-25 persen


Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2021