Jakarta (ANTARA) - Bulan Ramadhan biasanya menjadi bulan yang sibuk bagi keluarga yang menjalani ibadah puasa, mulai dari mengatur menu untuk sahur dan berbuka, memasak, berbelanja makanan, hingga mempersiapkan kebutuhan seluruh anggota keluarga lainnya. Apalagi di tengah kondisi pandemi, banyak aktivitas keluarga berpusat di rumah, mulai dari bekerja, bersekolah, dan beribadah.

Konsultan Pernikahan Indra Noveldy mengungkapkan pentingnya komunikasi dengan pasangan dalam berbagi peran dan tugas di rumah.

“Setiap pasangan memiliki cara yang berbeda-beda dalam berbagi perannya di dalam rumah tangga. Semua membutuhkan negosiasi dan komunikasi yang sehat, sehingga kalaupun ada konflik, dapat diselesaikan dengan baik. Setiap pasangan tentunya punya keinginan untuk bisa membuat rumah tetap terasa nyaman agar ibadah Ramadhan dapat berjalan dengan lancar,” ujar Indra dalam seminar virtual “Berkonflik Sehat dengan Pasangan” kolaborasi GoPay bersama Parentalk, dikutip Senin.

Indra berbagi tips mengatasi konflik dengan pasangan. Salah satunya dengan melakukan penyederhanaan tugas-tugas di rumah.

“Resolusi konflik dengan pasangan membutuhkan waktu dan energi yang besar, maka dari itu sebaiknya dilakukan dalam keadaan tenang," jelas dia.

Pastikan untuk berbagi tugas dan saling mengingat tanggung jawab, misalnya sepakat siapa yang mengurus tagihan listrik dan internet tiap bulan, atau siapa yang mengurus biaya-biaya sehari-hari.

"Jangan sampai karena hal-hal yang bersifat teknis, seperti lupa bayar tagihan misalnya malah memicu ledakan konflik di rumah. Dengan sudah otomatisnya urusan teknis ini, suami istri bisa lebih memfokuskan energinya untuk menyelesaikan masalah yang lebih mendasar dan membutuhkan perhatian lebih besar.”


Baca juga: Daftar makanan super untuk sahur agar puasa tahan lapar

Baca juga: Strategi memilih menu buka dan sahur agar tetap sehat selama Ramadhan

Baca juga: Enam hal agar kulit tetap sehat selama berpuasa

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021