Bandung (ANTARA News) - Sedikitnya 115.000 lowongan pekerjaan akan ditawarkan dalam Pameran Pemuda Mandiri Pencipta Lapangan Pekerjaan di Lapangan Lapangan Gasibu Bandung, dari tanggal 1-3 Juli 2010.

"Lowongan kerja sebanyak 115.000 ini tidak hanya di Jabar saja, tapi pameran pemuda madiri ini juga menghadirkan ratusan lowongan kerja lainnya dari perusahaan luar negeri," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Barat, Mustofa Djamaludin, di Bandung, Rabu.

Ia menjelaskan, sebanyak 300 stand tersedia dalam pameran lowongan kerja tersebut, 60 diantaranya merupakan stand lowongan kerja.

Dikatakannya, jenis pekerjaan yang ditawarkan dalam pameran kali ini lebih banyak berada pada level rendah dan menengah untuk bidang pekerjaan perawat, hotel, elektrikasi, chemical, jasa dan pendidikan serta sektor informal di pedesaan.

Menurutnya, tiga negara yakni Malaysia, Hongkong dan Jepang siap menyediakan tenaga kerja dalam pameran tersebut.

Ia menuturkan, pameran tersebut merupakan salah satu langkah Pemprov Jabar dalam mewujudkan satu juta lapangan pekerjaan.

"Kami memfasilitasi perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja kepada para pencari kerja khususnya di Jabar yang saat ini mencapai hongga 2 juta orang. Bagi calon tenaga kerja sama sekali tidak dipungut biaya," katanya.

Pihaknya menyatakan sampai Juni 2010, sediktinya 302.000 lowongan pekerjaan sudah bisa diisi oleh warga Jabar.

"Kegiatan lowongan kerja ini kami anggap sebagai program efektif dalam mengurangi angka pengangguran di Provinsi Jawa Barat," katanya.(*)
(Ant/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010