Maryland (ANTARA News/AFP) - Presiden Barack Obama, Jumat mengatakan, perekonomian Amerika Serikat menuju ke arah yang benar, namun tidak cukup cepat, setelah angka baru pekerjaan menambah ketakutan pemulihan melambat.

Obama menaruh sebuah putaran positif pada angka bulanan Departemen Tenaga Kerja yang menunjukkan ekonomi kehilangan pekerjaan untuk pertama kalinya sejak Desember, dengan 125.000 pos menghilang bulan lalu, terutama disebabkan oleh penurunan dalam pekerjaan sementara untuk sensus.

"Perekonomian kita telah menciptakan hampir 600.000 pekerjaan sektor swasta tahun ini," Obama mengatakan.

"Jangan salah, kami menuju ke arah yang benar tapi ... kita tidak menuju ke sana cukup cepat untuk banyak orang Amerika. Kita tidak menuju ke sana cepat bagi saya cukup baik."

Obama berjanji untuk melakukan segala sesuatu yang bisa dia lakukan untuk menciptakan lapangan kerja, karena membengkaknya angka pengangguran tetap menjadi masalah besar pada November membanyangi pemilihan kongres masa pertengahan.

Dalam satu titik terang untuk Obama, tingkat pengangguran turun menjadi 9,5 persen dari 9,7 persen, meskipun angka itu sebagian besar disebabkan orang-orang meninggalkan pasar tenaga kerja karena hasil dari pesimisme tentang ekonomi.

Jumlah pengangguran turun menjadi 14,6 juta, namun hilangnya 125.000 pekerjaan akan menambah kekhawatiran bahwa jalur ekonomi ke depan akan bergelombang. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010