Manado (ANTARA News) - Dewan Pengurus Daerah Real Estat Indonesia (REI) Sulawesi Utara (Sulut) menargetkan pada tahun 2010 bangun sekitar 2.200 unit rumah Sederhana Sehat (RSH), di daerah itu.

Sekretaris DPD REI Sulut, Wiliam Tanos di Manado, Sabtu mengatakan, manargetkan pada tahun ini terjadi peningkatan pembangunan RSH dibandingkan 2009.

"Mengacu pada pencapaian tahun 2009 sebanyak 2.000 unit rumah maka tahun ini diharapkan meningkat sekitar 10 persen atau menjadi 2.200 unit RSH," kata Tanos.

Menurut Tanos, begitupula pembangunan rumah menengah dan mewah juga diperkirakan mengalami peningkatan yang signifikan.

Pada tahun 2009 telah dibangun sekitar 800 unit menengah dan rumah mewah, diharapkan mengalami peningkatan sekitar 10 persen atau menjadi 880 unit rumah tahun ini.

Optimis pembangunan rumah-rumah tersebut akan tercapai, karena beberapa faktor antara lain mendapatkan dukungan dari pihak perbankan di daerah itu yang memberikan suku bunga menarik.

Situasi ini juga didukung dengan semakin baiknya ekonomi sosial masyarakat di daerah itu, membuat permintaan masyarakat akan perumahan terus meningkat.

"Selain itu, konidisi keamanan daerah ini yang kondusif, sangat mendukung pembangunan perumahan," katanya.

Menjawab pertanyaan, dia mengatakan, prospek pasar dari RSH, rumah sederhana maupun rumah mewah di daerah itu cukup baik.

Pangsa pasar untuk RSH lebih banyak, dari rumah menengah dan rumah mewah, mengingat lapisan masyarakat terbanyak masih pada kategori rumah itu.

Tetapi juga untuk rumah menengah dan mewah cukup baik, di tengah ketidakpastian pasar sekarang ini.

"Rumah menengah dan rumah mewah merupakan ajang investasi yang menguntungkan," katanya. (Ant/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010