Hyderabad, India (ANTARA News) - Polisi India Sabtu mengatakan bahwa mereka telah menewaskan seorang pemimpin kenamaan Maois dalam baku tembak dengan para pemberontak di wilayah hutan lebat di negara bagian selatan Andhra Pradesh.

Cherukuri Rajkumar, yang juga dikenal sebagai "Azad" adalah anggota lapisan atas Komite Sentral Maois dan salah satu dari juru bicara pemberontak yang terkemuka.

Dia ditembak tewas oleh polisi pada Jumat pada saat dia berusaha menyeberang ke negara bagian tetangga, Maharastra, kata perwira senior polisi Andra Pradesh, P. Promod Kumar.

Bergabung dengan gerakan Maois selama lebih dari 35 tahun, Azad dituduh telibat dalam upaya-upaya membunuh dua mantan ketua menteri negara bagian, dan kepalanya dihargai 1,2 juta rupee (25.000 dolar) bagi penangkapnya.

Dia tewas tiga hari setelah kelompok Maois menembak tewas 26 anggota pasukan para militer dalam satu serangan di negara bagian timur Chhattisgarh.

Kelompok pemberontak Maois telah berperang selama berpuluh tahun di seluruh wilayah timur dan tengah India terhadap negara dan kekuasaan pemerintah, dengan dukungan dari kelompok-kelompok suku dan para petani tanpa tanah di balik pembangunan ekonomi negara.

Tahun lalu, pemerintah India melancarkan serangan besar untuk mengatasi memburuknya pemberontakan sayap kiri, namun sejak itu Maois muncul kembali dengan serangkaian serangan pejabat tinggi, demikian AFP melaporkan.

(H-AK/M043/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010