Madrid (ANTARA News) - Pembalap Spanyol, Jorge Lorenzo, hari Minggu menjuarai MotoGP Catalunya, yang merupakan kemenangan ketiganya secra beruntun, sehingga menambah keunggulannya di klasemen kejuaraan dunianya.

Pembalap Yamaha itu unggul hampir lima detik dari rekan senegaranya dan saingannya dalam memperebutkan gelar, Dani Pedrosa, yang selalu menjegal pembalap Australia Casey Stoner guna menempati posisi kedua.

Lorenzo kini mengumpulkan 165 angka, setelah tujuh balapan, unggul 52 angka dari Pedrosa. Pembalap Italia, Andrea Dovizioso, yang berusaha menempati posisi pertama sebelum jatuh, menempati urutan ke-14 dan berada di posisi ketiga klasemen umum.

Juara bertahan Valentino Rossi, yang sedang menyembuhkan kakinya yang path, melorot ke urutan ketujuh dengan 61 poin.

"Ini merupakan balaan sangat sulit, sangat panas, dan sangat melelahkan. Ban menjadi masalah yang sebenarnya," kata Lorenzo kepada televisi resmi Spanyol.

"Andrea (Dovizioso) berusaha keras dan saya kira akan berjalan seperti biasanya tetapi ia jatuh, sehingga membuatnya lebih mudah," katanya.

Pedrosa lebih cepat dalam pemanasan pagi hari dan melonjak dari urutan keempat menjadi di barisan pertama, tetapi masalah rem membuatnya terjatuh.

Ia segera bangun dan setelah tiga putaran ia kembali ke urutan ketiga, meskipun agak jauh di belakang rekan satu timnya di Honda, Dovizioso dan Lorenzo.

Dovizioso sedang membuntuti Lorenzo ketika ia tergelincir ke lapangan rumput 11 putaran menjelang balapan usai, sehingga tinggal Pedrosa dan Stoner memperebutkan posis kedua.

Pembalap Ducati itu menekan Pedrosa di 12 putaran terakhir, tetapi tidak mampu mencari jalan untuk menyalipnya.

Pembalap Prancis Randy de Puniet berada di urutan keempat, mengungguli pembalap Spanyol Alvaro Bautista dan pembalap Amerika Ben Spies.(*0

Reuters/S005/B002

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010