Yogyakarta (ANTARA News) - Jumlah penumpang kereta api diperkirakan melonjak pada 10 Juli dan 11 Juli 2010 karena berakhirnya masa libur sekolah, kata Kepala Humas PT Kereta Api Daerah Operasi VI Yogyakarta Eko Budiyanto, Kamis.

"Oleh karena itu, kami akan mengoperasikan kereta api ekstra, serta menambah rangkaian gerbong dari delapan menjadi 12 gerbong," katanya.

Ia menyebutkan satu kereta api ekstra tersebut adalah kelas eksekutif yaitu Argo Dwipangga jurusan Jakarta.

"Untuk jurusan Surabaya dan Banyuwangi, kami tidak mengoperasikan kereta api ekstra, tetapi hanya menambah rangkaian gerbong," katanya.

Menurut dia, selama masa libur sekolah yang bertepatan dengan Muktamar ke-46 Muhammadiyah di Yogyakarta, jumlah penumpang meningkat 10 hingga 20 persen dari hari-hari biasa.

"Tingkat keterisian tempat duduk mencapai 100 persen untuk kereta api kelas eksekutif, sedangkan kelas ekonomi dan kelas bisnis lebih dari 100 persen, sehingga banyak penumpang berdiri," katanya.

Mengenai calo tiket kereta api yang biasanya banyak beroperasi saat libur sekolag, menurut dia sekarang tidak ada lagi.

"Tidak ada kesempatan bagi calo untuk beroperasi, karena pembelian tiket bisa melalui sistem `online`, pelayanan reservasi secara langsung, maupun membeli di agen resmi," katanya. (PSO-158/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010