Denpasar (ANTARA News) - Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-32 menampilkan lima kegiatan pokok yang seluruhnya melibatkan 15.000 seniman dan perajin utusan dari delapan kabupaten dan satu kota di Bali berakhir.

"Kegiatan itu akan ditutup oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika di panggung Ardha Candra Taman Budaya Denpasar nanti malam," kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dr Ida Bagus Sedhawa di Denpasar Sabtu.

Ia mengatakan, pementasan berbagai jenis kesenian, salah satu dari lima agenda aktivitas seni tahunan seluruh tercatat 180 kali.

Pementasan sebanyak itu termasuk yang ditampilkan oleh sembilan grup kesenian dari enam negara, masing-masing Jepang, Amerika Serikat, India, Swedia, Kanada dan Perancis.

Selain itu peranserta dari 12 daerah di Indonesia yang ikut ambil memeriahkan aktivitas seni tahunan di Pulau Dewata.

Ida Bagus Sedhawa menambahkan, keikutsertaan daerah luar Bali itu selain dalam pementasan, juga ikut serta dalam pawai budaya maupun pameran industri kecil dan kerajinan rumah tangga.

Ke-12 daerah tersebut antara lain Jawa Timur, Riau, Sulawesi Barat, Gorontalo, Kalimantan Barat, Tangerang, Jakarta Barat, Magelang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Lombok Tengah, Kabupaten Lingga dan Jakarta Utara.

Empat dari lima agenda PKB yang meliputi pementasan, perlombaan, sarasehan serta pameran industri kecil dan kerajinan rumah tangga berlangsung di kawasan Taman Budaya Denpasar dan kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

Sedangkan pawai budaya yang melibatkan duta seni dari delapan kabupaten dan satu kota di Bali serta duta seni dari sejumlah daerah di Indonesia menempuh rute dari depan bangsal Jaya Sabha Gubernuran Denpasar hingga berakhir di Taman Budaya Denpasar.

Taman Budaya yang berlokasi di jantung kota Denpasar dibangun di atas lahan seluas 6,5 hektar dilengkapi sejumlah fasilitas menampung seluruh aktivitas seni selama sebulan PKB berlangsung.
(ANT/A024)

 





Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010