Jakarta (ANTARA News) - Wakil Koordinator Indonesian Coruption Watch (ICW), Danang Widoyoko mengatakan, menyerahkan kasus tindak kekerasan yang menimpa anggota ICW kepada polri.

"Kami percaya dengan komitmen polri yang berjanji menyelesaikan kasus tersebut dalam minggu ini," katanya dalam acara Centre for Dialogue and Cooperation among Civilization (CDCC) di Jakarta, Senin.

Danang mengatakan, ICW mengapresiasi tindakan polri yang mengatakan akan transparan dan terbuka dalam mengusut kasus tersebut sehingga dapat menghapus tudingan masyarakat yang menyangka polisi andil dalam kasus tersebut.

Ia juga mengatakan, ICW telah membentuk tim independen yang fungsinya memudahkan ICW menerima akses informasi terkait kasus tersebut.

"Selanjutnya, ICW belum akan melakukan tidakan apapun sebelum polri memberikan hasil dari penyelidikannya," kata Danang.

Pembicara lainnya, Sekertaris Umum Persekutuan Gereja Indonesia (PGI), Jerry Sumampouw mengatakan, sebaiknya kejadian tersebut dijadikan momentum untuk menghimbau agar kekesaran seperti itu jangan sampai terjadi lagi.

"Dan merupakan kewajiban polisi untuk mengatasi kasus itu secara lebih baik dari yang sekarang," lanjutnya.

Menurut Jerry, kekerasan seperti itu harus segera dihentikan karena mulai banyak bermunculan dengan berbagai tindakan, namun pemerintah tidak melakukan tindakan, padahal menghambat kerja-kerja kritis dari aktivis.

"Stop kekerasan, mari bangun negara ini dengan sesuatu yang lebih beradab," imbaunya.(*)
ANT/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010