Liga Italia

Juventus ke posisi ketiga, Sampdoria kirim Crotone ke ambang degradasi

Juventus ke posisi ketiga, Sampdoria kirim Crotone ke ambang degradasi

Bek Juventus Matthijs de Ligt (kiri) melakukan selebrasi bersama Juan Cuadrado seusai mencetak gol ke gawang Parma dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Allianz, Turin, Italia, Rabu (21/4/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Massimo Pinca)

Jakarta (ANTARA) - Juventus naik ke posisi ketiga klasemen sementara selepas memenangi laga pekan ke-32 Liga Italia pada Kamis dini hari WIB, ketika di pertandingan lain Sampdoria mengirim Crotone ke ambang degradasi.

Menjamu Parma di Stadion Allianz, Juventus memperlihatkan kelasnya sebagai klub penggagas Liga Super Eropa dengan bangkit dari ketertinggalan untuk menaklukkan tamunya itu 3-1.

Gaston Brugman membawa tim tamu memimpin pada menit ke-25 lewat eksekusi tendangan bebasnya yang membuat kiper gaek Gianluigi Buffon mati langkah.

Akan tetapi, Parma melanjutkan tren buruk mereka sebagai tim yang paling banyak kehilangan poin dari sebuah pertandingan kendati lebih dulu memegang keunggulan.

Baca juga: Presiden Juventus pesimistis Liga Super Eropa bisa lanjut

Dua menit jelang turun minum, tren itu terjadi lagi, sebab Juve mampu menyamakan kedudukan melalui tendangan voli Alex Sandro dalam situasi sepak pojok, menyambut umpan sundulan Matthis de Ligt.

Lantas pada menit ke-47, Juve sepenuhnya berbalik memimpin lewat gol kedua Sandro yang berdiri bebas tanpa kawalan di area tiang jauh demi menanduk umpan silang terukur kiriman Juan Cuadrado.

Parma hampir membuat kedudukan kembali imbang pada menit ke-64 saat Yordan Osorio menanduk umpan sepak pojok Brugman, tetapi bola dihadang oleh Arthur Melo yang menggunakan kepalanya di area tiang dekat.

Empat menit kemudian, justru Juventus yang memperlebar keunggulan mereka melalui tandukan keras De Ligt menyelesaikan sepak pojok dari Cuandrado.

Baca juga: Atalanta pecundangi Juventus, Milan kembali dekati Inter

Skor 3-1 bertahan hingga bubaran, membawa Juventus naik ke posisi ketiga dengan koleksi 65 poin, menggusur Atalanta (64) yang baru main sehari berselang.

Sedangkan Parma (20), tertahan di posisi kedua dari bawah klasemen dan butuh 12 poin untuk mentas ke zona aman, demikian catatan laman resmi Liga Italia.


Crotone di ambang degradasi

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Ezio Scida, Crotone di ambang kepastian terdegradasi dari kasta tertinggi setelah menelan kekalahan tipis 0-1 dari tamunya Sampdoria.

Penyerang gaek Fabio Quagliarella mencetak gol semata wayang yang membuat tim juru kunci klasemen gagal menambah raihan 15 poin untuk enam pertandingan beruntun.

Dengan hanya enam pertandingan tersisa, secara matematis Crotone masih bisa mengejar margin 16 poin yang dibutuhkan untuk mentas dari zona degradasi, tetapi itu juga bergantung hasil tim-tim lain.

Baca juga: Dusan Vlahovic bawa Fiorentina jauhi ancaman degradasi

Sedangkan bagi Sampdoria (42), kemenangan itu mengangkat mereka ke posisi kesembilan klasemen, menyalip Verona (41) yang kalah sehari sebelumnya.

Nasib lebih baik dirasakan Cagliari yang menang 1-0 atas tuan rumah Udinese dalam lawatan ke Friuli.

Cagliari memang masih tertahan di urutan ke-18, tapi dengan raihan 28 poin, mereka kini hanya butuh empat poin untuk mentas dari zona degradasi.

Sementara itu di Renato Dall'Ara, Torino memetik satu poin penting dalam perjuangan menghindari degradasi setelah mengimbangi tuan rumah Bologna 1-1.

Baca juga: Diimbangi Spezia, Inter gagal tegaskan keunggulan di puncak
Baca juga: Sassuolo gagalkan upaya Milan dekati puncak

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar