Liga Inggris

Gol larut Keinan Davis buyarkan kemenangan West Brom kontra Villa

Gol larut Keinan Davis buyarkan kemenangan West Brom kontra Villa

Penyerang Aston Villa Keinan Davis (kiri) mencetak gol ke gawang West Bromwich Albion demi memaksakan hasil imbang dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Villa Park, Birmingham, Inggris, Minggu (25/4/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Shaun Botterill)

Jakarta (ANTARA) - Gol larut yang dicetak Keinan Davis membuyarkan kemenangan yang sudah di hadapan mata West Bromwich dalam laga pekan ke-33 Liga Inggris kontra Aston Villa yang berakhir imbang 2-2 di Stadion Villa Park, Birmingham, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Davis mencetak gol perdananya di Liga Premier pada menit kedua injury time menghapuskan keunggulan yang dimiliki West Brom sejak awal babak kedua.

Dua poin yang tergelincir dari tangan West Brom membuat mereka hanya bisa menambah raihan jadi 25 poin dan tertahan di urutan ke-19 klasemen, masih terpaut sembilan poin dari zona aman.

Sedangkan Villa (45), yang gagal menang dalam tiga pertandingan berturut-turut, tak beranjak dari urutan ke-11 klasemen, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: City taklukkan Villa dalam laga yang berakhir 10 lawan 10

Villa sebetulnya memimpin lebih dulu sejak menit kesembilan saat Anwar El Ghazi sukses mengkonversi tendangan penalti demi memperdaya kiper Sam Johnstone, setelah Semi Ajeyi menjatuhkan Ross Barkley di dalam area terlarang.

Alih-alih memanfaatkan dominasi yang mereka miliki, Villa malah menghadiahi tamunya dengan tendangan penalti setelah Ezri Konsa menjatuhkan Ainsley Maitland-Niles dalam area terlarang.

Kesempatan itu dioptimalkan oleh Matheus Pereira dengan menyarangkan bola dari titik putih ke langit-langit gawang demi membuat kedudukan imbang 1-1 pada menit ke-23.

West Brom terus menekan dan hampir berbalik memimpin pada menit ke-41 ketika tembakan Maitland-Niles bisa diamankan secara gemilang oleh kiper Emiliano Martinez.

Semenit berselang, West Brom kembali memperoleh peluang bagus dari eksekusi tendangan bebas Pereira yang sudah memperdaya Martinez, tetapi bola masih membentur mistar gawang dan skor imbang bertahan hingga turun minum.

Dua menit memasuki babak kedua West Brom betul-betul berhasil membalikkan keadaan ketika Mbaye Diagne memanfaatkan blunder Konsa untuk melepaskan tembakan menyilang ke area tiang jauh dan Tyrone Mings yang berusaha melakukan halauan malah membuat bola bersarang ke gawangnya sendiri.

Baca juga: Alami serangan rasial daring, bek Villa minta tidak dikasihani
Baca juga: Leicester kembali ke jalur kemenangan saat gasak West Brom 3-0


Sejak gol itu Villa berusaha bangkit tetapi beberapa peluang yang mereka ciptakan tak kunjung membuahkan hasil termasuk penyelamatan gemilang Johnstone atas tembakan Ahmed El Mohamady pada menit ke-61 dan dua menit kemudian sepakan Bertrand Traore masih membentur tiang gawang.

Di ujung gawang yang berbeda, West Brom hampir menegaskan keunggulan mereka jika saja Martinez tidak memperlihatkan reaksi apik demi menepis bola sundulan Konsa yang nyaris jadi gol bunuh diri pada menit ke-73.

Tiga menit jelang bubaran, Davis hampir menyamakan kedudukan memanfaatkan kemelut di dalam kotak penalti West Brom, sayang tembakannya membentur tiang gawang.

Akan tetapi pada menit kedua injury time, terjadi miskomunikasi antara Kyle Bartley dan Johnstone, yang mampu dimanfaatkan Davis untuk betul-betul memaksakan pertandingan berakhir imbang 2-2.

Pada pertandingan selanjutnya, Villa akan melawat ke Goodison Park menghadapi Everton pada Sabtu (1/5), sedangkan West Brom dua hari kemudian menjamu Wolverhampton di The Hawthorns dalam misi menjaga asa menghindari degradasi.

Baca juga: Burnley jauhi ancaman degradasi seusai cukur Wolverhampton
Baca juga: Leeds vs MU berakhir 0-0, di tengah protes #GlazersOut

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar