Peringatan dini BMKG: Hujan lebat berpotensi di pegunungan Sumut

Peringatan dini BMKG: Hujan lebat berpotensi di pegunungan Sumut

Logo BMKG. (FOTO ANTARA/dok)

Potensi hujan sedang hingga lebat tersebut dapat terjadi di wilayah lereng barat, pegunungan, dan pantai barat Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat waspada akan potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah pegunungan di Sumatera Utara.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima dari BBMKG Wilayah I Medan, Rabu, disebutkan potensi hujan sedang hingga lebat tersebut dapat terjadi di wilayah lereng barat, pegunungan, dan pantai barat Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara siang hari cerah berawan hingga hujan sedang yang berpeluang terjadi di wilayah lereng barat, pegunungan, pantai barat dan sebagian lereng timur Sumatera Utara dan sekitarnya.

Lalu, pada sore hingga malam hari hujan ringan hingga hujan lebat di sertai petir yang berpeluang terjadi di seluruh wilayah Sumatera Utara.

Suhu udara 24.0-32.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60-95 persen, angin berhembus dari barat daya-timur laut dengan kecepatan 5-30 km/jam.

Prakiraan gelombang laut di perairan utara Sabang, Samudera Hindia barat Nias, Perairan Barat Aceh, Samudera Hindia barat Aceh masuk dalam kategori Tinggi dengan ketinggian 2.5-4.0 meter.

Sementara di Perairan Meulaboh-Sinabang, Perairan Nias-Sibolga kategori sedang dengan ketinggian gelombang 1.25-2.5 meter.

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan disertai angin kencang di pegunungan di Sumut

Baca juga: Waspadai potensi badai guntur di pegunungan Sumut

Baca juga: BMKG: Waspadai potensi hujan lebat di pegunungan di Sumut

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan di pegunungan berpotensi longsor di Sumut

Pewarta: Juraidi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Potensi gempa susulan, warga Nias diimbau tingkatkan kewaspadaan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar