Jakarta (ANTARA News) - Divisi Enterprise Mobility Solutions Motorola Inc di Hotel Nikko Jakarta, Kamis, meluncurkan dua perangkat inventori, mobile terminal seri MT2000 dan mobile computer MC3100.

Perangkat pemindai bar code, mobile terminal MT2000, diklaim Motorola sebagai piranti inventori hibrid pertama dalam industri.

"MT2000 adalah produk pertama Motorola yang menggambungkan teknologi simpel mobile computer dan scanner," kata Andy Chan Director Enterprise Channel Asia Pacific Motorola Electronics Pte. Ltd.

MT2000 memberikan cara mudah untuk mengelola informasi stok sekaligus sebagai terminal PoS bagi perusahaan kelas UKM dalam bidang manufaktur, ritel, pergudangan dan supply chain di Indonesia.

"Pasar di Indonesia sedang berkembang dan Indonesia memegang peranan besar di Asia terlihat dari menjamurnya toko waralaba seperti Alfamart dan Indomaret," ujarnya mengenai MT2000 yang baru-baru ini memenangkan penghargaan CeBIT Australia Advanced Retail Technology.

Produk seri ini memadukan teknologi scanner dengan kecerdasan layaknya mobile computer yang dikemas dalam format yang ergonomis. Seri MT2000 yang tangguh memungkinkan perusahaan memanfaatkan data capture otomatis bagi para pekerjanya yang tidak memerlukan mobile computer yang berfitur canggih.

Pengguna dapat memanfaatkan piranti baru ini untuk memindai stok yang tersedia, mengecek inventori yang ada, dan menyediakan layanan pengecekan yang sempurna di bagian kasir.

"Terdapat istilah cutting que (memotong antrian), pramuniaga toko tinggal menghampiri pembeli yang sedang mengantri lalu memindai bar code barang dengan MT 2000 yang sudah langsung terhubung dengan komputer kasir sehingga pembeli tinggal langsung ke kasir menyerahkan uang," katanya para wartawan.

Produk yang dijual mulai dari 800 dolar AS juga ditunjang dengan perangkat lunak MCL-Client® dari MCL Technologies dan MCL Designer® yang telah disertakan dalam piranti tersebut sehingga memungkinkan dikembangkannya aplikasi baru.

"Dengan disertakannya aplikasi inventori yang siap pakai tersebut, pengguna dapat langsung menggunakan scanner MT2000 seketika setelah barang tersebut dikeluarkan dari kemasan," katanya.

Model tersebut juga tersedia dalam dua model, MT2070 dan MT2090. Kedua piranti ini menawarkan beberapa pilihan konektivitas ganda, serta mempunyai pilihan berupa mesin scan imager atau laser untuk fleksibilitas aplikasinya.

Keduanya juga mendukung Bluetooth® yang terintegrasi dan dapat dioperasikan dalam batch mode atau menghubungkannya ke piranti utama melalui USB. MT2090 juga mendukung (sistem jaringan) wireless 802.11 a/b/g yang terintegrasi.

Dalam kesempatan yang sama, Motorola juga memperkenalkan mobile computer seri MC3100 yang menawarkan kemampuan komputasi canggih, termasuk diantaranya kemampuan industry-leading data capture options dan sensor bergerak untuk kelas enterprise, dalam bentuk paling serbaguna diantara mobile computer kelas menengah.

MC3100 menyediakan solusi tunggal komunikasi suara dan data yang terkonvergensi namun tetap hemat biaya bagi pengguna korporat dan dirancang untuk aplikasi berbasis tombol maupun layar sentuh (untuk aktivitas) internal perusahaan, seperti manajemen harga/stok, kontrol inventori, proses pengembalian, pengiriman dan penerimaan, dan pelacakan bagasi.

"Dengan MC3100 di tangan mereka, pekerja mobile dalam gedung/kawasan di berbagai bidang industri akan memiliki perangkat ergonomis unggul yang bisa memberi akses ke informasi untuk memberikan hasil terbaik," kata Andy Chan.

MC3100 dijual mulai dari USD 1.000 dilengkapi dengan prosesor XScale Marvell PXA320 @ 624 MHz dan software Windows Mobile® 6.1 dari Microsoft Corp memberi penggunanya beragam aplikasi ISV.

Sedangkan untuk componentized, real-time Windows Embedded CE 6.0 Pro platform menyediakan pengaturan pemrograman yang familiar untuk mendukung pengembangan aplikasi kustomisasi yang bermacam-macam dengan pengalaman pengguna yang intuitif.

Enterprise Mobility Services dari Motorola merekomendasikan Service from the Start with Comprehensive Coverage untuk perlindungan luar-dalam untuk MC3100 ini. Pelanggan akan mendapat kepastian bahwa kerusakan apa pun mulai dari layar, keypad, serta komponen internal maupun eksternal akan diperbaiki.

Motorola dikenal di seluruh dunia karena inovasinya di bidang komunikasi dan memfokuskan pada upaya memajukan cara dunia terkoneksi. Dari solusi infrastruktur komunikasi pita lebar, mobilitas perusahaan dan keamanan publik, hingga perangkat video dan mobile yang high-definition.

(Adm/S026)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010