Pangdam Jaya imbau pengelola mal batasi pengunjung dengan buka-tutup

Pangdam Jaya imbau pengelola mal batasi pengunjung dengan buka-tutup

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman saat meninjau penerapan protokol kesehatan di Summarecon Mal Bekasi, Kamis (6/5/2021). ANTARA/Yogi Rachman

Jangan sampai terjadi situasi seperti di Pasar Tanah Abang Jakarta yang dipadati pengunjung sampai sesak
Jakarta (ANTARA) - Panglima Kodam Jaya Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengimbau seluruh pengelola pusat perbelanjaan memberlakukan sistem buka-tutup pintu masuk saat terjadi lonjakan pengunjung menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Jangan sampai terjadi situasi seperti di Pasar Tanah Abang Jakarta yang dipadati pengunjung sampai sesak dan banyak yang mengabaikan protokol kesehatan," kata Dudung Abdurachman usai memantau penerapan protokol kesehatan pada masa pandemi COVID-19 di Summarecon Mal Bekasi, Kamis.

Baca juga: Pasar murah jelang Lebaran digelar Pemkot Jakarta Selatan

Penerapan sistem buka-tutup ini, kata Dudung, dilakukan demi mengantisipasi munculnya klaster baru di pusat perbelanjaan yang kerap dipadati warga jelang Hari Raya Idul Fitri.

Dudung menilai penerapan protokol kesehatan yang dijalankan di Summarecon Mal Bekasi sudah sangat baik dan patut ditiru pengelola pusat perbelanjaan yang lain.

Mulai dari ketatnya aturan wajib memakai masker bagi pengunjung dan karyawan tenant, ketersediaan fasilitas cuci tangan yang tersebar di banyak titik, penerapan jaga jarak, hingga pembatasan pengunjung di saat terjadi lonjakan.

Baca juga: Cegah kerumunan, Stasiun Tanah Abang tak sediakan layanan KRL

"Pengaturan seperti ini serta penerapan protokol kesehatan yang ketat perlu di masa sekarang ini, demi memastikan perekonomian tetap berjalan tapi juga warga aman," katanya.

Dudung memahami, jika setahun lebih pandemi berlangsung di Indonesia telah membuat mayoritas masyarakat jenuh dan akhirnya memutuskan mencari hiburan, salah satunya dengan mendatangi pusat perbelanjaan.

Apalagi diberlakukan pula larangan mudik, sehingga pusat perbelanjaan di kota setempat kerap menjadi tujuan melepas kejenuhan.

Baca juga: Jakarta Selatan gandeng TNI-Polri antisipasi kerumunan pasar dan mal

"Situasi pandemi dan kondisi ekonomi ini memang bagai buah simalakama. Tapi sebisa mungkin prokes diterapkan dengan disiplin agar pengunjung yang datang untuk turut menggerakkan perekonomian ini tetap merasa aman dan nyaman. Dan kami siap mem-'back up' pengamanan demi penerapan prokes ini," katanya.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pangdam Jaya bantu masyarakat sekitar vihara Kota Tangerang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar