Kementan gencar gelar pangan murah jelang Lebaran

Kementan gencar gelar pangan murah jelang Lebaran

Pemkot Jakarta Selatan mengadakan pasar murah di dekat kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Rabu (5/5/2021). (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan menggencarkan gelar pangan murah lewat Pasar Mitra Tani untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2021.

Kepala Pusat Distrbusi dan Cadangan Pangan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan Risfaheri dalam keterangannya yang dikutip di Jakarta, Kamis, Pasar Mitra Tani (PMT) di seluruh wilayah Indonesia melayani penjualan tidak hanya di outlet tapi juga menggelar pangan murah di beberapa titik lokasi yang mudah dijangkau masyarakat, serta menyediakan layanan pesan antar menggunakan berbagai aplikasi secara daring .

Bahkan PMT juga memberikan fasilitas belanja daring gratis ongkir di berbagai aplikasi seperti GrabMart, marketplace milik Pasar Mitra Tani Kementan PasTani, BukaLapak dan juga GoFood.

Baca juga: Gubernur Lampung pastikan stok pangan aman

“Tren permintaan bahan pangan memang biasanya mengalami kenaikan jelang Idul Fitri, karena itu kita bantu masyarakat dengan memfasilitasi melalui pengiriman gratis ongkir untuk belanja melalui marketplace PasTani dan berkerja sama dengan GrabMart; sedangkan dengan belanja online dengan mitra Bukalapak dan GoGood masih on process untuk free ongkir," kata Risfaheri.

Pasar Mitra Tani juga melakukan pemasaran daring yang lebih luas melalui aplikasi pesat WhatsApp dengan kerjasama via Digiretail dengan hanya mengetik perintah "#pmt/ttic" (tanpa tanda kutip) di nomor 081141508888. Dengan begitu, masyarakat bisa mendapatkan bahan pangan murah yang dijual oleh Pasar Mitra Tani dengan harga yang lebih murah dari harga di pasaran.

Beberapa bahan pokok yang dijual di Pasar Mitra tani seperti daging sapi beku khusus untuk sup seharga Rp75 per kg, daging semur Rp80 rb per kg, dan daging rendang Rp85 rb per kg. Sedangkan harga daging di pasaran menjelang hari raya di kisaran Rp120 ribu hingga Rp150 ribu per kg.

Baca juga: Jelang Lebaran, harga daging sapi di Pasar Senen Rp130 ribu

Pasar Mitra Tani juga menjual bahan pangan lainnya seperti beras, gula, minyak goreng, daging ayam, telur ayam ras, bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting dan cabe rawit juga dijual dengan harga yang lebih rendah dari harga di pasaran.

Untuk beras ukuran 5 kg dihargai Rp44 ribu di PMT sementara harga rata-rata nasional untuk beras di kisaran Rp10.278 per kg. Cabai merah keriting dijual Rp30 ribu per kg sementara harga pasaran sekitar Rp36 ribu per kg. Bawang merah Rp25 ribu per kg di mana harga pasaran Rp31.189, bawang putih Rp20 ribu per kg sedangkan harga pasaran Rp28.605 per kg, dan daging ayam Rp31.500 per kg saat harga pasaran Rp36.519 per kg.

Harga-harga tersebut berlaku di PMT yang berlokasi di Pasar Minggu Jakarta, Klender, Depok, Cimanggu Bogor dan Taman Kencana Bogor. Beberapa PMT di provinsi junga sudah bisa melayani belanja online diantaranya Jateng dan Sulsel.

Sementara itu di PMT Provinsi Kalimantan Tengah memberikan bonus berupa telur, gula pasir, atau minyak goreng bagi pengunjung yang berbelanja minimal Rp75.000. Berbagai produk pangan yang digelar di PMT Kalteng antara lain beras, bawang merah, bawang putih, gula pasir, minyak goreng daging ayam, dan daging sapi.

Begitu juga PMT Provinsi Nusa Tengara Barat yang menggelar bazar Ramadhan yang bekerja sama dengan Hijabermom Community Lombok dengan menjual berbagai macam produk pangan pokok yang dibutuhkan masyarakat.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pasar murah di alun-alun kota Pangkalpinang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar