Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) sedang mendiskusikan dan dalam tahap finalisasi untuk menentukan game esport yang akan dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

Head of PR & Communication PB ESI, Ashadi Ang, mengatakan telah bekerja sama erat dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk penyelenggaraan esport di PON XX.

"PON ini sebenarnya tahun ini esports masuk dalam kategori ekshibisi, sekarang kan sedang dipertanyakan gamenya apa saja, ada PC, ada mobile, ada konsol... Nah, jujur kita lagi dalam tahap finalisasi," ujar Ashadi, dalam konferensi pers virtual "Ladies Series MLBB 2021", Kamis.

"Kita juga mengundang para game publisher, salah satunya Moonton, nanti hari Senin kita rapat di kantor PB ESI untuk kita finalisasi baru bisa kita announce," kata dia menambahkan.

Baca juga: Indonesia resmi akui esports sebagai cabang olahraga prestasi

Rumor menyebutkan bahwa game yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton, Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), akan masuk dalam daftar game yang dilombakan di PON XX.

Namun, saat ditanya mengenai hal itu, Head of PR Esports Moonton Indonesia, Azwin Nugraha, enggan mengomentari rumor tersebut.

Esports sempat dimainkan dalam Asian Games 2018 sebagai pertandingan ekshibisi. Enam game yang dilombakan di Asian Games 2018 antara lain Arena of Valor, Clash Royale, League of Legends, StarCraft II, Heartstone dan PES 2018.

SEA Games ke-30 yang digelar di Filipina pada 2019 telah mengikutsertakan esports dalam perebutan medali dengan enam cabang olahraga, yaitu Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor, Dota 2, Starcraft II, Tekken 7 dan Hearthstone.

Sementara, pada SEA Games ke-31 yang akan digelar di Hanoi tahun ini, Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Vietnam, telah mengumumkan bahwa esport akan menjadi ajang perebutan medali di SEA Games 2021 dengan delapan game yang akan dipertandingkan dalam 10 nomor cabang olahraga.

Delapan game tersebut antara lain Arena of Valor, PUBG Mobile, Free Fire, FIFA 4, Crossfire, Mobile Legends: Bang Bang, League of Legends mobile dan League of Legends PC.

Baca juga: Kemenparekraf harap turnamen esports bertambah dukung "sport tourism"
Baca juga: Menpora buka peluang peserta "Esports" berkesempatan gabung timnas
Baca juga: PUBG Mobile manjakan penggemar pada bulan Ramadhan

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021