Grab kerja sama dengan BAZNAS hingga LinkAja, dorong ekonomi syariah

Grab kerja sama dengan BAZNAS hingga LinkAja, dorong ekonomi syariah

Kerja sama Grab dan BAZNAS bersama dengan LinkAja dan Benihbaik.com. (ANTARA/Grab Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi Grab bekerja sama dengan Layanan Syariah LinkAja, Badan Amal Zakat Nasional (BAZNAS), dan BenihBaik.com untuk menghadirkan akses donasi zakat untuk pengguna di aplikasi Grab dan mendukung ekonomi syariah di Indonesia.

"Kami berharap kolaborasi ini dapat mendukung operasional kami dalam setiap layanan dengan menggunakan sistem syariah dan memberikan kemudahan untuk para pengguna terhadap metode pembayaran yang mereka inginkan," kata President Director of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, Jumat.

Sebagai negara yang menempati peringkat ke-4 dengan nilai Global Islamic Economy Indicator (GIEI) sebesar 91,2 persen, Indonesia memang memiliki potensi besar untuk membangun ekonomi syariahnya.

"Pertumbuhan ekosistem pembayaran syariah digital telah menjadi fokus kami. Layanan Syariah LinkAja ingin dapat menjadi solusi bagi pembayaran digital masyarakat Indonesia yang juga mendukung pemulihan ekonomi," kata Direktur Utama LinkAja Haryati Lawidjaja.

Melalui kolaborasi ini, Layanan Syariah LinkAja akan menjadi salah satu opsi pembayaran bagi pengguna dalam menunaikan zakat di aplikasi Grab, dimana BAZNAS menjadi lembaga resmi pendistribusian donasi. Zakat dan infak yang terhimpun nanti akan disalurkan melalui BAZNAS untuk program pendistribusian dan pendayagunaan di berbagai wilayah di Indonesia.

Khusus Ramadhan, donasi ‘Paket Ramadhan Bahagia’ dari BAZNAS yang terkumpul akan disalurkan BAZNAS kepada penerima manfaat melalui layanan GrabExpress melalui portal Grab for Business.

Baca juga: Investasi Gojek di LinkAja percepat target inklusi keuangan

"Kami berharap kolaborasi ini menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia agar mudah berpartisipasi dalam donasi zakat digital di tengah pandemi, berkontribusi untuk meningkatkan literasi zakat dan mendukung digitalisasi pengelolaan zakat secara nasional berdasarkan data yang solid dan terukur lewat pemanfaatan teknologi," kata Ketua BAZNAS Prof. Dr. KH. Noor Achmad, M.A.

"Kami menyambut baik kolaborasi ini dengan menghadirkan inovasi yang baik untuk memberikan akses non-tunai berupa donasi digital bagi masyarakat Indonesia melalui Layanan Syariah LinkAja sebagai salah satu pilihan pembayaran. Kami akan terus memastikan bahwa donasi ini diterima oleh orang-orang yang membutuhkan," imbuh Andy F. Noya, Founder dan CEO BenihBaik.com.

Berkolaborasi dengan BenihBaik.com, Grab juga membuka kesempatan bagi pengguna untuk berbagi rezeki kepada yang membutuhkan seperti pekerja informal dengan menggunakan Layanan Syariah LinkAja sebagai pilihan pembayaran.

Layanan Syariah LinkAja di Grab

Pengguna yang telah mengaktifkan opsi pembayaran LinkAja di Grab dapat menggunakan Layanan Syariah LinkAja di aplikasi Grab. Melalui kolaborasi ini, Grab menawarkan kemudahan bagi pengguna yang memilih pembayaran syariah dan mendukung pengembangan ekonomi syariah di Indonesia.

Edukasi Zakat di GrabAcademy bersama BAZNAS

Grab menyediakan edukasi Zakat bersama BAZNAS di platform GrabAcademy untuk para mitra pengemudi Grab. Sesi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih kepada mitra pengemudi Grab tentang manfaat dan pentingnya zakat dalam hidup.

Festival Ramadan secara Virtual

​​​​​​​Grab dan Layanan Syariah LinkAja menyelenggarakan acara festival Ramadan yang akan disiarkan secara eksklusif untuk mitra pengemudi Grab dan mitra agen GrabKios di akun media sosial Grab selama bulan Ramadan 2021. Berisikan pendampingan, sesi interaktif, games, dan edukasi mitra.

Baca juga: LinkAja luncurkan layanan pengurusan berkas STNK wilayah Jadetabek

Baca juga: Berbagi rezeki praktis lewat dompet digital

Baca juga: LinkAja akuisisi iGrow permudah akses pembiayaan UMKM

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Dinkes Padang gandeng mitra untuk sukseskan vaksinasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar