Jakarta (ANTARA News) - Microsoft Corp menegaskan ambisinya untuk mendominasi pasar elektronik pada Kamis, dengan komputer tablet Windows-powered dan ponsel pintar yang dirancang untuk mengalahkan kembali keunggulan Apple Inc dan Google Inc.

Tablet baru akan tersedia segera setelah mereka siap untuk pengiriman dan ponsel akan tersedia di pasar pada musim gugur ini, CEO Steve Ballmer mengatakan, sebuah ujian Microsoft untuk menangkap imajinasi konsumen tech-savvy.

"Kami datang dengan senjata penuh," kata Ballmer pada presentasi tahunan perusahaan kepada analis di kantor pusat Redmond, Washington dikutip Reuters. "Kami akan menjual gila-gilaan, kami akan ke pasar seperti orang gila."

Microsoft kesal lantaran Apple menjual lebih dari 3 juta iPad sejak peluncuran pada April dan Microsoft bekerja sama dengan pembuat PC seperti Acer Inc, Dell Inc, Toshiba Corp dan pihak lain untuk mengembangkan apa yang disebut tablet yang menjalankan sistem operasi Windows.

"Kita harus mendorong sekarang dengan mitra perangkat keras kami," kata Ballmer. "Mereka (perangkat baru) akan melakukan pengiriman segera setelah mereka siap. Tugas pertama yang penting di sini. Tidak ada yang tidur di saklar."

Tablet baru akan beroperasi pada chip Intel Corp, kata Ballmer, berbicara berkenaan perjanjian baru dengan Chipmaker Inggris ARM Holdings Plc yang ditandai pergeseran desain chip ke arah perusahaan, yang menjalankan iPad dan ponsel pintar kebanyakan.

Berbagai chip baru Intel diharapkan pada awal tahun depan akan memberi dorongan seluruh pasar tablet, Ballmer mengatakan, sekedar menambahkan bahwa baik Windows ponsel dan tablet akan memiliki "agresif" dukungan pemasaran dari Microsoft.

Karyawan Microsoft memamerkan ponsel baru yang menjalankan Windows Phone 7, yang dibuat oleh pembuat handset Samsung Electronics Co Ltd dan LG Corp, tapi tidak mengizinkan pengambilan gambar dari perangkat, yang masih pada tahap prototipe.

Tidak satu pun pembuat handset mengumumkan tanggal peluncuran komersialnya. Ballmer hanya mengatakan bahwa mereka akan datang ke pasar pada musim gugur ini.

Perangkat tersebut memiliki layar sentuh, pemutar musik Zune, program e-mail dan terhubung dengan konten Xbox Live, Facebook, dan jaringan lainnya.

Ballmer mengakui Microsoft telah kehilangan tanah di sektor telepon.

"Mungkin adil untuk mengatakan bahwa kami punya banyak pekerjaan yang harus dilakukan," kata Ballmer. "Tidak semua akan terjadi dalam semalam."

Ketika ditanya apa yang akan terjadi jika perangkat lunak terbaru Windows Phone akan tidak sukses, atau pengulangan dari Windows Vista yang bernasib buruk, Ballmer menjawab: "Ini tidak akan," sembari menambahkan bahwa tidak ada rencana cadangan.

(Adm/S026)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010