Dukungan dari segi pendataan peserta Tapera maupun kesiapan teknis lainnya sangat diharapkan oleh BP Tapera dalam menyalurkan pembiayaan rumah di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) bekerja sama dengan Perumnas dan BTN akan melaksanakan akad perdana untuk penyaluran Perumahan Pesawaran Residence, Lampung, bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 233 unit pada 27 Mei 2021.

Penyaluran perumahan bagi ASN tersebut merupakan bagian dari proyek pembiayaan initial project 11.000 rumah kepada peserta Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera, Eko Ariantoro, melalui keterangan di Jakarta, Sabtu mengatakan pihaknya telah melakukan audiensi dengan Sekda Provinsi Lampung dan Bupati Pesawaran pada 5 Mei 2021 untuk membahas kesiapan dan dukungan dari pemerintah daerah mengenai initial project pembiayaan perumahan di Lampung.

Baca juga: BP Tapera bakal buka program penabung non-ASN di semester II tahun ini

"Kami BP Tapera meminta dukungan dari Pemprov Lampung, Kota Bandar Lampung, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Pesawaran, dan Kabupaten Lampung Selatan, dari sisi kebijakan, sekaligus meminta bantuan percepatan pendataan baik dari pemberi kerja maupun ASN," ujarnya.

Program BP Tapera ini mendapat sambutan baik, melalui Sekda Provinsi Lampung dan Bupati Pesawaran yang secara langsung mendukung pelaksanaan akad perdana di Lampung.

Saran dan masukan yang disampaikan untuk BP Tapera adalah agar dapat melengkapi sarana dan prasarana, baik sarana komersial, penambahan akses jalan, sarana edukasi termasuk rumah Tahfiz Quran, dan juga lokasi pemakaman.

"Dukungan dari segi pendataan peserta Tapera maupun kesiapan teknis lainnya sangat diharapkan oleh BP Tapera dalam menyalurkan pembiayaan rumah di Indonesia," katanya.

Baca juga: Bank BRI-BP Tapera perkuat kerja sama pengelolaan Dana Tapera

BP Tapera telah melihat secara langsung kesiapan Pesawaran Residence sebagai lokasi akad perdana penyaluran pembiayaan perumahan, baik dari segi kualitas rumah, kondisi fisik rumah, kesesuaian dengan standar teknis dan PSU perumahan, sehingga PNS peserta Tapera di Lampung memiliki kesempatan untuk memiliki rumah dengan mudah dan layak huni.

Setelah akad perdana ini, penyaluran pembiayaan Tapera kepada ASN yang belum memiliki rumah akan terus bergulir di daerah lain seluruh Indonesia.

Dalam pelaksanaan initial project ini, BP Tapera menggandeng BTN sebagai bank penyalur maupun dalam project financing skema kerja sama BP Tapera-Perumnas-BTN.

Selain dengan Perumnas, pelaksanaan initial project Tapera juga akan melibatkan mitra pengembang BTN untuk memastikan ketersediaan pasokan 11.000 rumah bagi MBR.

Baca juga: BTN siap dukung BP Tapera percepat hunian layak bagi 9,1 juta MBR

Pewarta: Subagyo
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021