Jakarta (ANTARA) - Aktor asal Negeri Ginseng Cha Tae Hyun mengungkapkan masa lalunya yang pernah mengalami “Panic Disorder”.

Melansir Soompi, Minggu, Cha Tae Hyun menyebutkan pengalaman “Panic Disorder” yang dimilikinya itu sudah terjadi sekitar 10 tahun yang lalu dan tentunya menjadi hal yang paling sulit yang harus dihadapi selama menjalani karir sebagai seorang aktor.

“Saat itu adalah saat saya mengalami masa sulit secara mental, hal itu pun menganggu karir akting saya. Karena gangguan panik itu pun saya harus pergi ke rumah sakit setiap saat,” kata Cha Tae Hyun.

Gangguan panik pertamnya dialami saat ia mengambil pekerjaan sebagai pembawa acara di Negeri Paman Sam.

Baca juga: Secuplik dunia "Crash Landing on You" hadir di Tokyo

Baca juga: Drama debut Hwang Minhyun NU'EST di "Live On" diganjar rating rendah


Ia mencoba menghilangkan rasa paniknya namun rupanya itu hanya memperburuk keadaan hingga ia tidak tampil pada 30 menit pertama dalam acara yang harusnya ia bawakan.

Aktor yang berperan dalam film “Along With The Gods” itu menyebutkan ia belum bisa pergi ke Amerika Serikat dan masih mengalami gangguan saat harus bertransportasi menggunakan pesawat.

“Saya masih belum bisa ke Amerika Serikat sejak saat itu (saat panic disordernya muncul pertama kali),” katanya.

Meski demikian ia terus berusaha mengatasi gangguan mental yang dialaminya itu. Salah satunya lewat menerima tawaran tampil dalam acara”Where on Earth?” yang ditayangkan di KBS.

Dalam program itu, Cha Tae Hyun bersama dengan Ji Jin Hee, Bae Jung Nam, dan Jo Se Ho berkeliling mencari alam ke seluruh pelosk dunia.

Ia mengatakan meski sudah banyak pengobatan dan terapi yang ia jalani, pada akhirnya pemiliki gangguan panik harus mengatasi rasa takutnya.

“Adalah benar saat orang terlalu banyak menghadapi masalah ia akan mendapatkan obat atau terapi. Itu semua baik, tapi pada ahirnya ia harus menghadapi masalah itu. Akhirnya saya terus coba mengalahkan itu, saya tahu itu merupakan hal yang sulit tapi tetap harus saya jalani. Meski saat ini sudah saya lewati pun,, masih ada kemungkinkan saya tidak dapat mengalahkannya. Meski demikian hal itu menakutkan itu menjadi lebih berkurang setelah dihadapi,” tutup Cha Tae Hyun.

Baca juga: Cha Tae-hyun dan Kim Jun-ho terseret tuduhan judi

Baca juga: Kim Jung-hyun minta maaf atas perilakunya selama syuting "Time"

Baca juga: Agensi Kim Jung Hyun dan Seo Ji hye bantah rumor artisnya berpacaran


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021