Semarang (ANTARA News) - "Semarang Business Forum" atau SEM`BIZ 2010 yang mulai dilaksanakan Rabu diharapkan dapat mengulang sukses SEM`BIZ 2009, sehingga bisa memujudkan Semarang Setara yakni sejajar dengan enam kota metropolitan lain di Indonesia.

"Melalui SEM`BIZ 2010, rakyat Semarang juga harus setara memperoleh lapangan kerja. Pemerintah Kota Semarang berjuang keras untuk menarik investasi seoptimal mungkin di Kota Semarang," kata Wakil Ketua Bidang Investasi Kamar Dagang dan Industri Jateng, Didik Sukmono, di Semarang, Selasa.

Didik mengatakan tuntutan Kota Semarang menciptakan transparansi dan kepastian hukum menjadi komitmen kuat yang harus diwujudkan dan diharapkan hal tersebut dapat terwujud melalui SEM`BIZ 2010.

Pengalaman SEM`BIZ 2009 ada 11 investor masuk ke Kota Semarang, lima di antaranya sudah beroperasi seperti SPBU, SPPBE, tower bersama, rumah sakit, dan pembangunan "spare part" kendaraan. Sementara sisanya masih dalam proses.

"Usaha yang sudah berjalan mampu menyerap lebih dari 1.000 tenaga kerja dengan investasi Rp1 miliar setiap bulan," katanya.

Pada SEM`BIZ 2010, diharapkan Pemkot Semarang dapat menciptakan lapangan kerja lebih banyak lagi sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat juga semakin membaik.

Didik menambahkan sebagai pelaku usaha, pihaknya memberikan apresiasi kepada Pemkot Semarang karena untuk menarik investor, terbentuk tim asistensi untuk percepatan realisasi investasi.

Ia mencontohkan untuk investasi yang sudah berizin akan tetapi mendapat perlakuan tidak menyenangkan, maka akan diselesaikan oleh tim asistensi tersebut.

"Tim asistensi akan membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi investor, sehingga realisasi investasi dapat dipercepat," katanya. (N008/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010