IBL

IBL pastikan pelaksanaan playoff di Jakarta sudah dapat izin

IBL pastikan pelaksanaan playoff di Jakarta sudah dapat izin

IBL pastikan pelaksanaan playoff di Mahaka Arena, Jakarta, pada 23 Mei-6 Juni, sudah mendapatkan izin kepolisian ANTARA/Juns.

Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 Junas Miradiarsyah memastikan bahwa pelaksanaan babak playoff yang akan berlangsung mulai 23 Mei-6 Juni di Mahaka Arena, Jakarta sudah mendapatkan izin keramaian dari pihak kepolisian.

“Seluruh perizinan sudah kami dapat mulai dari Polsek, Polres, Polda...Dukungan dari Pemprov DKI Jakarta juga sudah keluar untuk penyelenggaraan fase kedua IBL 2021,” kata Junas dalam temu media virtual di Jakarta, Senin.

“(Surat izin) Mabes Polri pun kami sudah pegang, suratnya mulai dari fase satu jadi surat perizinannya nyambung,” katanya lagi.

Babak playoff tetap akan digelar tanpa penonton. Konsep gelembung juga akan diterapkan sama seperti fase pertama di Robinson Resort, Bogor, Maret-April lalu. Artinya, seluruh pemain dan ofisial bakal menginap di satu hotel yang berada di satu kompleks dengan lapangan pertandingan selama liga berlangsung.

Baca juga: Playoff IBL 2021 tetap digelar tanpa penonton

Dia berharap situasi pandemi COVID-19 di Indonesia tidak memburuk dan IBL 2021 bisa berakhir dengan sukses, sebab tidak mungkin memundurkan jadwal pelaksanaan mengingat padatnya agenda kejuaraan basket, termasuk windows ketiga Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 pada Juni serta FIBA Asia Cup 2021 pada Agustus mendatang.

Meski demikian, Junas mengatakan panitia tetap mempersiapkan skenario terburuk seandainya terjadi peningkatan kasus COVID-19 di Jakarta. Opsinya adalah dengan memindahkan lokasi pertandingan ke tempat lain.

Baca juga: Fase reguler IBL 2021 berakhir tanpa kasus COVID-19

“Kami juga menyiapkan skenario kalau misal ada apa-apa. Kami akan membuka opsi kembali ke Robinson Resort di Bogor. Jadi mungkin alternatifnya pindah lokasi ke yang lebih kondusif karena kalau pindah tanggal cukup berat,” tuturnya.

Seperti fase pertama, fase kedua IBL juga akan menerapkan protokol yang sama, salah satunya dengan melaksanakan tes PCR kepada seluruh peserta secara berkala.

Menurut Junas, total ada empat kali tes PCR yang akan dilakukan sebelum dan selama liga berlangsung, yaitu pada 14 Mei, 19 Mei, sebelum check in pada 21 Mei, dan satu kali tes lagi pada 1 Juni.

Playoff IBL 2021 akan digelar 23-25 Mei, diikuti semifinal 28, 30, 31 Mei, dan final pada 3, 4, 6 Juni.

Baca juga: Satria Muda tak mau lengah meski amankan semifinal IBL 2021
Baca juga: Hasil IBL 2021: Bima Perkasa jaga asa playoff setelah bungkam NSH
Baca juga: Bali United perbesar asa ke playoff setelah tundukkan Louvre


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menparekraf dorong The Bucketlist Indonesia kembangkan potensi wisata

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar