Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, memuji angka penciptaan lapangan kerja baru sektor swasta sebagai sebuah sinyal baik, namun diakui "kemajuan itu perlu datang lebih cepat" untuk AS menghadapi tingkat pengangguran yang tinggi.

Komentar Obama itu muncul pada Jumat (6/8) waktu setempat setelah laporan Departemen Tenaga Kerja menunjukkan 131.000 pekerjaan hilang pada Juli dan tingkat pengangguran tetap terjebak pada posisi tinggi sebesar 9,5 persen.

Sektor swasta menciptakan moderat 71.000 pekerjaan di bulan Juli, yang tidak cukup untuk mengimbangi pemutusan hubungan kerja besar-besaran pemerintah 143.000 orang terhadap pelaksana sensus.

Angka-angka itu dilihat sebagai satu lagi tanda bahwa pemulihan ekonomi AS stagnan, dan pasar pekerjaan butuh waktu bertahun-tahun untuk kembali pada pijakannya.

"Jalan menuju pemulihan tidak mengikuti garis lurus. Beberapa sektor melambung kembali lebih cepat dari yang lain," kata Obama.

Obama mengatakan data menunjukkan pekerjaan tumbuh di sektor swasta untuk tujuh bulan berturut-turut.

"Itu pertanda baik. Sementara sektor manufaktur kita yang telah terpukul keras selama orang bisa mengingat, telah menambahkan 183.000 pekerjaan tahun ini. Itu paling kuat dari tujuh bulan pertumbuhan manufaktur di lebih dari satu dekade," kata dia.

Ia menimpali, "Tapi, untuk pekerja Amerika, keluarga, dan usaha kecil, butuh kemajuan datang lebih cepat. Tugas kita adalah untuk memastikan bahwa itu terjadi."

Obama mengatakan angka terbaru menekankan kebutuhan untuk bagian akhir dari rancangan undang-undang ditujukan untuk menyelamatkan 160.000 pekerjaan guru.
(Uu.A026/A011/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010