Jakarta (ANTARA) - PD Pasar Jaya bersama sejumlah pihak membagikan 15.000 hand sanitizer ke ratusan pasar di DKI Jakarta dalam upaya menekan penyebaran virus COVID-19 di pasar-pasar khususnya menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah.

Hal itu sejalan dengan upaya PD Pasar Jaya dalam mengedukasi dan memperketat protokol kesehatan di lingkungan pasar tradisional, dimulai dari pedagang yang harus memberi contoh baik bagi masyarakat sebagai pembeli, kata Kepala PD Pasar Jaya, Pasar Induk Kramat Jati, Agus Lamun.

Baca juga: Reckitt gandeng Warung Pintar jangkau 500.000 peritel

"Walaupun tidak langsung, usaha ini akan berdampak besar bila dilakukan secara simultan dan bersama-sama, bukan hanya untuk menjaga keluarga di rumah agar tidak tertular COVID-19 dari pasar, tapi bisa juga dapat memotong rantai penyebaran virus," katanya dalam pernyataan pers, dikutip Rabu.

Oleh karena itu, Agus menyambut baik inisiatif gotong royong dari Warung Pintar di tengah pandemi tersebut. Warung Pintar, perusahaan teknologi yang mentransformasi warung di Indonesia dan membuka akses bagi para pemilik warung di era digital, telah menginisiasi bantuan hand sanitizer tersebut.

Sebagai bentuk dukungan terhadap pelaku usaha mikro agar tetap produktif dan terus menjaga protokol kesehatan di tengah melonjaknya volume transaksi menjelang Lebaran, Warung Pintar bekerjasama dengan Pemprov DKI, khususnya PD Pasar Jaya, membagikan 15,000 hand sanitizer ke ratusan pasar di bawah naungan PD Pasar Jaya.

Menjelang Idul Fitri, volume transaksi dan kunjungan ke pasar tradisional cenderung mengalami peningkatan. Di sisi lain, angka positif COVID-19 di Indonesia sebenarnya masih tergolong tinggi dengan rata-rata 3.000 hingga 5.000 penambahan kasus setiap harinya.

"Melihat kondisi saat ini, berkaca juga dari lonjakan kasus COVID-19 karena libur panjang seperti yang terjadi di India, kita perlu terus menjalankan protokol kesehatan sebagai bentuk saling jaga antar satu sama lain,” kata Jiwo Damar Anarkie, Impact Manager Warung Pintar.

Tidak dapat dipungkiri, pasar tradisional masih menjadi pilihan utama masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, terlebih menjelang Lebaran.

Distribusi hand sanitizer merupakan inisiatif dari salah satu layanan Warung Pintar, yaitu Bantuan Pintar, sebuah layanan penyaluran bantuan sosial yang memanfaatkan infrastruktur alur distribusi yang telah dimilikinya.

Diinisiasi pada Mei 2020, Bantuan Pintar telah menggandeng 20 mitra lembaga, seperti Kompas Cyber Media, Rumah Yatim, Tukar Masker, Baznas (Bazis) DKI Jakarta, dan London School Beyond Academy, untuk menyalurkan Rp17 miliar kepada lebih dari 100.000 penerima bantuan.

Baca juga: Warung pintar rangkul pedagang grosir sebagai pemasok

Baca juga: Warung Pintar-BukuWarung percepat digitalisasi UMKM

Baca juga: Warung Pintar dianggap berhasil dorong UMKM naik kelas

Pewarta: Suryanto
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021