Cikampek (ANTARA News) - Arus lalau lintas di jalan tol Cikampek, cukup padat dengan bus-bus berpenumpang penuh dari Jakarta tujuan Cirebon dan sekitarnya, sehubungan dengan acara "munggahan" bulan puasa, Minggu malam.

"Ada peningkatan arus lalu lintas dibanding hari libur akhir pekan biasa, terutama bus-bus jurusan dekat, seperti Jakarta-Cirebon," ujar Syaipudin Zuhri, petugas Jasa Marga di gerbang tol Cikampek di Cikopo.

Ia mengatakan, peningkatan arus lalu lintas pada akhir pekan sekarang ini berkaitan dengan menjelang puasa, dimana banyak warga yang mudik untuk "munggahan" di kampung halaman masing-masing.

Dari pantauan di gerbang tol Cikopo, sepanjang Ahad sore, bus-bus angkuatan umum dari Jakarta tujuan Cirebon, Indramayu dan Kuningan, disesaki penumpang. Keadaan serupa juga bus-bus dari Bekasi tujuan Bandung.

Sedangkan bus-bus dari Jakarta tujuan daerah-daerah Jateng dan Jatim, dalam keadaaan normal, dan bahkan tidak sedikit bus terpaksa nongkrong di Cikampek untuk menunggu muatan.

Pihak Jasa Marga mencatat adanya lonjakan kendaran dari Jakarta di jalan tol Cikampek, menjelang bulan puasa, pada Jumat malam hingga Sabtu siang.

Kendaraan yang keluar dari gerbang tol Cikopo, itu tercatat sebanyak 5500 unit atau menigkat 15 persen dari volume kendaraan pada liburan akhir pekan biasa. (*)
(ANT-151/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010