Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund menjuarai Piala DFB Pokal musim 2020/21 selepas menghajar RB Leipzig dengan skor telak 4-1 dalam partai final di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Erling Haaland yang sempat diragukan bisa bermain dua kali mencatatkan namanya di papan skor, mendampingi dua gol Dortmund lain yang dicetak Jadon Sancho.

Sedangkan Leipzig hanya bisa membalas sekali melalui gol Dani Olmo yang gagal memantik momentum kebangkitan, demikian catatan laman resmi DFB.

Atas kemenangan ini, Dortmund menambah trofi DFB Pokal kelima dalam koleksi di kabinet mereka.

Permainan berlangsung terbuka sejak awal laga dan Leipzig nyaris membuka keunggulan pada menit keempat sayang tembakan voli Marcel Sabitzer masih melayang di atas mistar gawang.

Baca juga: Kondisi Haaland masih tanda tanya untuk final DFB Pokal

Semenit kemudian malah Dortmund yang sukses membuka keunggulan mereka saat Sancho dengan dingin menyelesaikan umpan sodoran Mahmoud Dahoud dengan sepakan melengkung gagal dihentikan kiper Peter Gulacsi.

Leipzig berusaha keras untuk membalas tapi upaya mereka tak kunjung membuahkan hasil dan Dortmund justru menggandakan keunggulannya pada menit ke-28 lewat aksi Haaland memperdaya Dayot Upamecano sebelum menjebol gawang Leipzig.

Keunggulan Dortmund semakin ditegaskan pada menit pertama injury time babak pertama ketika Sancho mencetak gol keduanya dengan menceploskan bola yang sudah tak bertuan karena Gulacsi terlanjur dipancing keluar oleh Marco Reus.

Baca juga: Nagelsmann akui final DFB Pokal bakal jadi laga emosional

Leipzig memasuki babak kedua dengan agresivitas tinggi, tetapi peluang menciptakan gol balasan berlalu lantaran tembakan voli Christopher Nkunku yang sudah memperdaya kiper Roman Buerki membentur mistar gawang.

Setelah banyak peluang terbuang, Leipzig akhirnya memperkecil ketertinggalan pada menit ke-71 lewat sepakan keras Olmo yang menghujam ke pojok kiri atas gawang Dortmund.

Namun, momentum kebangkitan Leipzig tak berbuah gol lagi dan justru Haaland mencetak gol keduanya tiga menit jelang bubaran untuk mengunci trofi DFB Pokal bagi Dortmund.

Baca juga: Head-to-head Leipzig vs Dortmund jelang final DFB Pokal

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021