Jakarta (ANTARA) - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada Minggu mengkonfirmasi bahwa Korea Utara telah menarik diri dari turnamen kualifikasi untuk Piala Dunia 2022 di Qatar.

Menurut laporan Reuters, langkah itu dilakukan setelah negara tersebut mundur dari Olimpiade di Tokyo musim panas ini karena kekhawatiran atas pandemi COVID-19.

Korea Selatan semula akan menjadi tuan rumah pertandingan tersisa dalam Grup H putaran kedua turnamen penyisihan Asia pada Juni, namun pejabat Korea Utara menginformasikan kepada rekan mereka di selatan tentang keinginan mereka untuk mengundurkan diri bulan ini.

Baca juga: Korea Utara tak akan ikut Olimpiade Tokyo
Baca juga: Pertandingan grup Zona Timur Piala AFC ditunda karena COVID-19


Menjelang pengunduran diri tersebut, Korea Utara berada di urutan keempat pada klasemen setelah lima pertandingan, setara pada delapan poin dengan Korea Selatan, yang telah memainkan satu pertandingan lebih sedikit.

Turkmenistan saat ini memimpin grup tersebut, yang juga dihuni oleh Lebanon dan Sri Lanka.

AFC mengatakan akan merujuk pengunduran diri Korea Utara ke organisasi sepak bola dunia FIFA, dengan keputusan tentang bagaimana negara tersebut keluar dari kompetisi akan mempengaruhi klasemen grup yang akan diumumkan pada waktunya.

Baca juga: Pemain timnas siap tempur di UEA
Baca juga: 10 negara Afrika terancam mengungsi mainkan kualifikasi Piala Dunia

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021