Jakarta (ANTARA News) - Polri saat ini sedang mempercepat penyelesaian berkas Pimpinan Pondok Pesantren Al-Mu`min, Sukoharjo, Jawa Tengah, KH Abu Bakar Ba`asyir untuk dikirimkan ke Jaksa Penuntut Umum.

"Kami sedang mempercepat berkas dan menyiapkan alat bukti yang ada di luar keterangan Ustad Abu Bakar Ba`asyir," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri, Irjen Pol Edward Aritonang di Jakarta, Jumat.

Namun, sampai saat ini Ba`asyir tetap bersikukuh tidak menjawab pertanyaan yang diajukan oleh penyidik Polri, dimana dari 41 pertanyaan hanya satu yang dijawab yakni alamat tempat tinggalnya. Sementara sisa 40 pertanyaan tidak dijawab Ba`asyir dan akan disampaikannya di persidangan.

"Sampai nanti penyidikan kita selesai, namun ustad tidak mau memberikan keterangan kita tidak mau paksakan dan keputusan yang harus dihormati," kata Edward.

Penyidik akan tetap mengirim berkas Ba`asyir ke kejaksaan bila telah rampung, walau tanpa keterangan.

Abu Bakar Ba`asyir ditangkap jajaran Polresta Banjar, tepat di depan markas Polresta Banjar, Senin (9/8) sekitar pukul 08.15 WIB. Ba`asyir kemudian dibawa dengan menggunakan mobil Nopol L 3752 ED dengan dikawal mobil polisi Nopol 45-VII dan tiba di Mabes Polri Jakarta, Senin pukul 12.35 WIB.

Edward mengatakan Abu Bakar Ba`asyir ditangkap karena diduga menerima laporan rutin terkait rencana peledakan bom di Indonesia.

Jaringan teroris itu merencanakan sasaran peledakan di beberapa wilayah, seperti kantor kedutaan besar, hotel internasional berbintang di Jakarta, Mabes Polri dan Gedung Brimob di Polda Jawa Barat, termasuk target serangan bom terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Pengasuh Pondok Pesantren Al Mu`min, Ngruki, Sukaharjo, KH Abu Bakar Ba`asyir, sempat memberikan ceramah di Masjid Al Ikhwanul Qorim, Jalan Babakan Priangan V No 34 Bandung, Jumat (6/8) malam, sebelum ditangkap Densus 88 di depan Mapolresta Banjar.

Kegiatan ceramah umum itu juga dilakukan sehari sebelum penangkapan tiga tersangka teroris di Kampung Sukaluyu RT II RW 12 Kelurahan Pasir Biru Kecamatan Cibiru, Kota Bandung.
(ANT/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010