Sukabumi (ANTARA News) - Seekor lutung (Trachypithecus Auratus) ditemukan tersengat listrik di pintu gerbang kawasan wisata alam Situ Gunung, Desa Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu.

Beruntung nyawa hewan langka tersebut masih terselamatkan karena seorang petugas keamanan kawasan wisata itu yang menemukannya segera menolong, meski sebagian tubuhnya terluka bakar serius.

Seorang petugas keamanan, Atim, mengaku menemukan lutung itu ketika ia tengah melintas di pintu gerbang. "Saya langsung menyelamatkan dan mengobati lutung itu, untungnya nyawanya bisa diselamatkan," kata Atim.

Setelah mengobati lutung tersebut, ia langsung membawanya ke balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP) untuk dilepaskan kembali ke alam. "Kondisi lutung itu sudah mulai membaik saat ini," ujarnya.

Menurutnya, sudah beberapa hari ini, banyak lutung yang bekeliaran di pintu masuk taman nasional ini dan bergelantungan di kabel listrik. Selain itu, dirinya juga khawatir ada lutung lain yang mengalami nasib serupa.

Atim menandaskan, agar lutung tersebut tidak terus bergelantungan di atas kabel listrik pihaknya mengusir lutung tersebut untuk masuk ke habitat awalnya di hutan sana. "Kami tidak ingin ada satwa liar yang dilindungi mati akibat tersengat listrik atau akibat pemburuan liar," tandasnya.

(ANT-052/S005/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010