PMI segera salurkan donasi publik untuk Palestina

PMI segera salurkan donasi publik untuk Palestina

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (kanan) saat menerima donasi dari publik figur Fadil Jaidi (tengah) yang akan disalurkan untuk membantu rakyat Palestina. ANTARA/HO-PMI

kita bangga kepada anak-anak muda Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) segera menyalurkan donasi publik yang sebelumnya terhimpun melalui urun dana kitabisa.com sebesar Rp1 miliar, untuk membantu berbagai kebutuhan rakyat Palestina yang terdampak konflik.

"Kami berjanji akan menyalurkan dana tersebut hari ini juga ke Red Cresent Palestina," ujar Ketua Umum PMI Jusuf Kalla yang menerima donasi tersebut dari inisiator urun dana Fadil Jaidi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

PMI akan menyalurkan bantuan dana dan logistik bekerja sama dengan Palang Merah Internasional dan negara yang berkonflik.

Baca juga: Ketua DPD dorong Pemerintah kirim bantuan ke Gaza buat bantu Palestina
Baca juga: Dewan Masjid Indonesia bantu 1 juta liter air bersih warga Gaza


Pria yang akrab disapa JK ini mengatakan PMI akan selalu menyatakan solidaritas internasionalnya kepada korban konflik sebagai bagian dari gerakan Palang Merah Internasional.

"Sebagai bagian dari gerakan Palang Merah Internasional, PMI akan mengerahkan upaya untuk warga terdampak konflik di luar negeri. Tentu ini dilakukan bila diperlukan dan atas kerja sama dengan pemerintah dan palang merah setempat," katanya.

Dari hasil laporan Bulan Sabit Merah Palestina, dana tersebut akan digunakan untuk kebutuhan perbaikan atau peningkatan fasilitas kesehatan serta pemenuhan kebutuhan pangan warga Palestina.

Baca juga: Ramadhan, Adara salurkan bantuan bagi pengungsi Palestina di Lebanon
Baca juga: BSMI desak perbatasan Gaza dibuka untuk bantuan


Di sisi lain, JK berterima kasih kepada para dermawan serta platform urun dana kitabisa.com yang telah mempercayakan penyaluran bantuan melalui PMI. Gerakan yang digagas publik figur begitu berarti dalam membantu sesama terutama korban konflik sebagai bukti solidaritas internasional.

"Kita bangga kepada anak-anak muda Indonesia yang memiliki pengaruh baik. Melalui kitabisa para influencer berhasil mengajak para donatur untuk menunjukkan solidaritasnya kepada sesama manusia, di mana pun berada," katanya.

Selanjutnya PMI selaku organisasi kemanusiaan akan meneruskannya sesuai dengan amanah yang diberikan.

"Seperti diketahui, PMI tidak hanya berperan dalam penanggulangan bencana, tapi juga berperan aktif dalam penanggulangan korban konflik. Dua bidang yang kami jalankan atas kepercayaan publik tersebut akan terus kami jaga," kata dia.

Baca juga: Dua sumur wakaf masyarakat Aceh di Jalur Gaza Palestina difungsikan
Baca juga: Indonesia beri bantuan Rp32,1 miliar untuk Palestina

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bentangan bendera raksasa dan dukungan warga Jabar untuk Palestina

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar