Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika akan meluncurkan program terbaru untuk literasi digital bernama "Indonesia Makin Cakap Digital 2021".

Program tersebut akan diluncurkan di Hall Basket Senayan pada 20 April besok, dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Menteri Kominfo Johnny G. Plate, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim.

Juru bicara Kominfo Dedy Permadi, dalam keterangan pers, menyatakan peluncuran ini juga menandai pelaksanaan kelas digital secara simultan di 514 kabupaten dan kota di 34 provinsi.

"Selain acara peluncuran Program Literasi Digital Nasional Indonesia Makin Cakap Digital, peserta program di setiap kabupaten dan kota akan melanjutkan kegiatan ke kelas-kelas literasi digital di kota satelit masing-masing yang menghadirkan narasumber lokal sebagai pemateri," kata Dedy, Rabu.

Baca juga: Kominfo perkirakan perbaikan jaringan di Jayapura selesai Juni

Baca juga: Lebaran virtual demi kesehatan


Peluncuran di Istora Senayan akan dilakukan secara hibrida, gabungan dalam jaringan dan luar jaringan serta ditayankan di 16 televisi swasta.

Program Literasi Digital Nasional "Indonesia Makin Cakap Digital 2021) diadakan secara gratis sepanjang tahun ini, juga tahun-tahun mendatang.

Materi yang diajarkan pada program ini berupa literasi dan kecakapan digital tingkat dasar, termasuk diantaranya tentang fotografi, videografi, media sosial dan berbicara di depan umun.

Pemerintah juga akan mengajak pelaku industri teknologi untuk memberikan pelatihan tentang pemasaran digital, copywriting, privasi digital dan keamanan siber.

"Materi kelas literasi digital didasarkan pada 4 pilar utama, yaitu: Etis Bermedia Digital; Aman Bermedia Digital; Cakap Bermedia Digital; dan Budaya Bermedia Digital," kata Dedy.

Kominfo juga akan mengadakan kelas hibrida dalam program ini, peserta dibatasi sebanyak 50 orang untuk yang hadir langsung ke lokasi maupun yang mengikuti melalui platform daring.

Pendaftaran program ini dilakukan melalui akun media sosial resmi Siberkreasi.

Baca juga: Kominfo pastikan perbaiki gangguan telekomunikasi di Jayapura

Baca juga: Kerja sama, Kemendikbudristek-Kominfo berikan beasiswa talenta digital

Baca juga: Kominfo-Kemendikbudristek sinergikan pengembangan talenta digital

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021