Jakarta (ANTARA News) - Produsen Blackberry, Research In Motion, mengenalkan aplikasi baru "Super App" di Hotel Grand Hyatt Jakarta Kamis (19/8), peluncuran pertama karena di Asia baru digelar serentak, Jumat ini.

Selain membeberkan Super App, RIM juga berbagi informasi mengenai platform Blackberry dalam pengembangan aplikasi dengan maksud membangun ekosistem pasar aplikasi terbuka dan yang relevan di masa datang.

Barnes Lam, Director Southeast Asia Channel marketing RIM, menekankan bahwa aplikasi harus membawa nilai lebih kepada manusia. RIM telah melakukan upaya bukan hanya untuk menyediakan layanan dan aplikasi yang berbeda tetapi juga tengah membangun ekosistem pengembang (developer) maupun pengguna.

Super App membuat para pengguna lebih terhubung dan terlibat dalam setiap aspek dari apa yang mereka lakukan.

"Super App harus sesuatu yang digunakan orang sehari-harinya lebih sekedar aplikasi one-off yang hanya dapat digunakan untuk jangka waktu yang pendek," ujarnya.

Super App merupakan aplikasi Always-on Experience atau dapat berjalan saat perangkat diaktifkan dan untuk mendengar dan merespon peristiwa dan proaktif dalam mengunduh web seperti akun twitter, koprol.

Disebut Tight Integration with Native Apps karena dapat berintegrasi dengan aplikasi native pada perangkat untuk menambah menu pada semua aplikasi Add custom messages to the inbox, memperkaya telepon dengan gambar dan teks dan melibatkan aplikasi-aplikasi native.

Proactive and Notification Driven, memungkinkan pemanfaatan teknologi push untuk memberitahukan secara visual kepada pengguna dengan ikon, notification banner dan dialogs yang ter-update.

Memberitahukan dengan bunyi kepada pengguna akan hal-hal penting, informasi penting pada saat yang tepat.

Karakter lainnya, Social and Connected, karena menghubungkan ke link-link penting untuk membantu pengguna selalu terkoneksi dengan melibatkan aplikasi-aplikasi native termasuk BlackBerry Messenger, Twitter, dan yang lainnya. Memanfaatkan komunikasi Peer to Peer dan mengintegrasikan dengan kamera untuk berbagi foto.

Efficient and Intelligent, menyediakan pengalaman terbaik melalui pengunduhan data dengan koneksi Wi-Fi, memanfaatkan push architecture dan menjalankan tugas-tugas begitu perangkat plugged in.

Menurut RIM, ada beberapa kriteria tertentu untuk sebuah platform smartphone yang memungkinkan untuk Super Apps. Pertama, platform harus memiliki OS multi-threaded untuk mengaktifkan aplikasi agar always-on dan berjalan pada background.

Kedua, platform harus menawarkan interface pemrograman aplikasi yang sesuai (API) bagi para pengembang untuk membangun aplikasi yang dapat berintegrasi secara lebih baik dengan aplikasi native seperti inbox, kamera, dan telepon.

Ketiga, harus menawarkan arsitektur push yang sesungguhnya untuk pengiriman data just-in-time dan memungkinkan penggunaan jaringan yang efisien. Selain itu platform juga harus menjalankan model event-based notification.

Dalam kesempatan yang sama RIM juga menggandeng pengembang-pengembang Indonesia untuk membangun aplikasi pada platform BlackBerry melalui program pengembang terdaftar yang terbuka dan dapat diikuti secara gratis.

"Kerjasama antara BlackBerry dan Pengembang lokal akan memberikan keuntungan besar keduanya," kata Barnes.

Melalui program tersebut, pengembang dapat memperoleh software pengembangan Open Beta Program untuk SDKs (Software Development Kit) secara gratis.

Pengembang juga didukung dengan sumber daya yang komprehensif termasuk blog pengembang & serangkaian webcast, newsletter, forum diskusi, developer issue tracker, pelatihan dan sertifikasi, program akademik dan layanan pengembang.

Aplikasi lokal yang terdapat dalam "Super App" ialah Honda iMobili, applikasi untuk smartphone BlackBerry yang sangat canggih, yang didesain secara unik untuk setiap pelanggan Honda agar dapat mengakses lebih cepat dan mudah berbagai informasi mengenai Honda, kapan pun, di mana pun.

Aplikasi lokal lainnya yaitu Honda Safety Driving, aplikasi tersebut mengatur panggilan masuk ditelepon ketika sedang mengemudi. Honda Safety Driving secara otomatis akan menolak panggilan masuk dan secara otomatis akan mengirim SMS kepada nomor yang telah melepon atau langsung mengalihkan ke voice mail, ketika Anda sedang mengemudi.

DinoMarket App, aplikasi untuk jual beli dan aplikasi Ramadhan Pocket Guide yang menyediakan informasi terkini jadwal sholat, imsak, dan adzan. Pilih jadwal sholat, Imsak dan Adzan berdasarkan lokasi anda, lengkapi dengan notifikasi menggunakan vibrasi/getar dan suara Adzan.

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010