Michael Owen bagikan tips sehat fisik dan mental

Michael Owen bagikan tips sehat fisik dan mental

Hasil tangkap layar mantan pesepakbola timnas Inggris, Michael Owen, dalam konferensi pers virtual Kop Run 2021, Selasa (25/5/2021). ANTARA/Arindra Meodia.

Jakarta (ANTARA) - Legenda Liverpool FC Michael Owen mengatakan menyeimbangkan kesehatan fisik dan mental sebagai kunci tetap bugar selama pandemi.

Menurut pria berusia 41 tahun itu berolahraga fisik dapat membantu meningkatkan kesehatan mental.

"Selama satu tahun belakangan ini sangat sulit untuk semua orang untuk menjaga kesehatan, baik fisik dan mental, dan ini menjadi semakin penting hari demi hari," kata Owen, dalam konferensi pers virtual Kop Run 2021, Selasa.

"Orang-orang kini menyadari betapa pentingnya kesehatan mental... Menurut saya sangat penting untuk sehat, jika secara fisik sehat dan Anda berolahraga, secara mental Anda juga akan merasa lebih baik," dia melanjutkan.

Baca juga: Owen tuding Capello merusak sepak bola Inggris

Mantan pemain timnas Inggris itu berpendapat berolahraga juga dapat membangun hubungan sosial dengan orang lain, "menurut saya, kesehatan fisik dan mental berjalan beriringan."

Owen, yang telah memulai karir sepak bola sejak remaja, mengungkapkan kisah dirinya saat menjadi bintang di lapangan hijau.

"Dalam karir sepak bola saya, tidak banyak tempat persembunyian dari jutaan orang," kata Owen.

Dia menambahkan, hal itu diperparah dengan media yang hanya memotret "momen hebat" di lapangan. Sementara, sang atlet mungkin terkadang sedih atau bahkan mungkin punya masalah di rumah atau keluarga.

Baca juga: Sepak bola kala pandemi, merayakan pesta dalam sepi
Baca juga: Owen yakin keegoisan Salah tidak akan menjadi masalah

Pemberitaan media, menurut Owen, "membuat mereka (orang-orang) percaya semua pesepak bola bahagia dan tidak punya masalah, tapi itu jauh dari kebenaran."

"Dan, menurut saya sangat penting untuk memiliki strategi dalam mengatasi masalah itu," ujar Owen.

"Saya pikir sangat penting untuk mencoba mengingat saat-saat indah, dan mendorong diri sendiri untuk bahagia, jangan fokus pada hal-hal yang negatif."

"Penting untuk melakukan hal-hal yang Anda suka," dia menambahkan.

Baca juga: Pandemi dan epilog kompetisi sepak bola Eropa

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Piano John Lennon dipamerkan di Liverpool, rayakan ultah ke-80

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar