Kualifikasi Piala Dunia 2022

Egy Maulana jadi supersub walau Indonesia kalah dari Afghanistan

Egy Maulana jadi supersub walau Indonesia kalah dari Afghanistan

Pemain tim nasional Indonesia Egy Maulana Vikri menggiring bola dalam latihan skuad Garuda di Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (19/5/2021). ANTARA/HO-PSSI/am.

Jakarta (ANTARA) - Gelandang serang Egy Maulana Vikri memainkan peranan supersub alias pemain pengganti yang mengubah alur permainan kendati tim nasional Indonesia kalah 2-3 dari Afghanistan dalam laga uji coba di Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Egy mengawali pertandingan dari bangku cadangan dan masuk pada awal-awal babak kedua, menggantikan Braif Fatari yang belum sampai 10 menit merumput tapi harus segera ditarik keluar lagi.

Baru memasuki lapangan beberapa saat, Egy mampu memecah kebuntuan Skuad Garuda dengan memanfaatkan umpan kiriman Kushedya Yudo demi memperkecil ketertinggalan pada menit ke-59, demikian dikutip dari laman resmi PSSI.

Itu merupakan gol pertama gelandang klub Polandia Lechia Gdansk tersebut di level timnas senior, sejak melakoni debutnya pada Desember 2017 silam.

Lima menit sesudahnya, kembali memainkan peranan penting ketika umpannya dari situasi tendangan bebas berhasil diselesaikan oleh Adam Alis untuk membuat Indonesia kembali memperkecil ketertinggalan 2-3.

Baca juga: Timnas Indonesia takluk 2-3 dari Afghanistan
Baca juga: Egy Maulana tak kesulitan beradaptasi di timnas


Kendati Indonesia tetap kalah 2-3 dari Afghanistan di pengujung laga, kontribusi positif satu gol dan satu assist yang dibukukan Egy tentunya akan memberi opsi bagi Shin Tae-yong menemukan ramuan terbaiknya.

Shin tampaknya masih mencari-cari komposisi ideal dalam laga debutnya di timnas senior dengan memberi banyak pemain kesempatan melakoni debut lewat susunan awal laga kontra Afghanistan.

Besar kemungkinan Shin akan melanjutkan eksperimennya ketika Indonesia menghadapi Oman dalam pertandingan uji coba berikutnya pada Sabtu (29/5).

Kedua laga uji coba jadi persiapan bagi Indonesia menyongsong tiga pertandingan sisa dalam Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di UEA.

Anak-anak asuh Shin akan melawan Thailand pada 3 Juni 2021, diikuti Vietnam dan tuan rumah UEA tiap empat hari berselang.

Baca juga: Egy, Asnawi, Ryuji gabung timnas Indonesia di Dubai
Baca juga: Shin Tae-yong gunakan formasi 4-4-2 kontra Afghanistan
Baca juga: PSSI: Koko Ari alami cedera lutut di Dubai

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sutjiati tinggalkan timnas AS untuk bela Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar