Mataram (ANTARA News) - Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal A Helmy Faishal Zaini akan melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi pemberian bantuan sosial, saat melaksanakan Safari Ramadhan di Pulau Lombok dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, 25-28 Agustus 2010.

"Safari Ramadhan Meneg PDT dan rombongan itu dipadukan dengan peninjauan lokasi Bantuan Sosial (Bansos) Kementerian PDT di sejumlah daerah di wilayah NTB," kata Juru Bicara Pemprov NTB Lalu Moh Faozal, di Mataram, Rabu.

Faozal yang pernah menjadi bagian dari staf Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal di Jakarta itu mengatakan, Menteri PDT dan rombongan akan memulai Safari Ramadhan yang dipadukan dengan peninjauan lokasi Bansos KPDT itu, di Kecamatan Sape, Rabu siang.

"Pak Menteri dijadwalkan meninjau Pelabuhan Penyeberangan Sape-Bima, kemudian menuju lokasi bansos air bersih yang merupakan proyek Percepatan Pembangunan Infrastruktur Pedesaan Daerah Terftinggal (P2IPDT) di Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima," ujarnya.

Menteri PDT dan rombongan dijadwalkan berbuka puasa bersama di Pendopo Bupati Bima, kemudian meninjau proyek kelistrikan P2IPDT di Desa Oo dan akan menjadi penceramah Ramadhan di mesjid setempat, lalu menempuh perjalanan darat menuju Kabupaten Dompu.

Di Kabupaten Dompu, peninjauan lokasi bantuan pascagempa yang juga merupakan bagian dari proyek P2IPDT, dijadwalkan usai Shalat Subuh.

Selanjutnya, dijadwalkan Kamis (26/8), Menteri PDT beserta rombongan melakukan serangkaian kegiatan di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat.

"Pada Jumat (27/8) siang, Pak Menteri dijadwalkan telah berada di Pulau Lombok dan akan meninjau lokasi penerapan program Kementerian PDT di Desa Pengadangan, Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur," ujarnya.

Hari terakhir Safari Ramadhan dan kunjungan kerja di wilayah NTB, Meneg PDT akan menghadiri acara pemancangan tiang pembangunan gedung Islamic Center di Kota Mataram.

Malam harinya, Meneg PDT akan menggelar buka puasa bersama kemudian Shalat Tarawih yang dilanjutkan dengan peringatan Nuzulul Qur`an, 17 Ramadhan 1431 Hijriyah, di Masjid At Taqwa Mataram.

"Keesokan harinya, Pak Menteri bertolak ke Jakarta," ujar Faozal.
(A058/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010