Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terus mengkaji pendekatan antropologis dan sosiologis dalam merumuskan desain pembangunan dan transformasi daerah tertinggal.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes PDTT Rafdinal pendekatan tersebut dikaji agar desain transformasi daerah berkesesuaian dan sejalan dengan kebutuhan masyarakat serta kondisi lokal.
 
"Budaya, adat, dan kearifan lokal itu jadi faktor determinan dalam perubahan masyarakat daerah tertinggal, menjadi tantangan sangat serius sehingga kami harus mengkaji dengan pendekatan yang demikian," kata Rafdinal di Jakarta, Rabu.
 
Ia mencontohkan dalam kasus Suku Asmat masyarakat setempat masih menjalankan budaya nomaden yang berdampak langsung terhadap tingginya angka kematian ibu dan anak.

Hal itu dikarenakan banyak ibu yang melakukan persalinan di bawah pohon dengan peralatan seadanya ketika dalam proses nomaden.

"Karena kondisi Suku Asmat seperti itu, penyuluhan saja jelas menjadi kurang efektif sehingga kami usulkan pembangunan infrastruktur dasar di jalur nomaden," ujarnya.

Baca juga: Mendes PDTT yakin target mengentaskan 25 kabupaten tertinggal tercapai
Baca juga: Wapres harap Pemprov tingkatkan inovasi entaskan kabupaten tertinggal


Lalu mengaitkan dengan kegiatan perekonomian, sambung Rafdinal, pertanian subsisten masih terhitung bernilai tambah rendah bagi perekonomian Suku Asmat.

Namun di sisi lain, masyarakat tersebut mampu menciptakan patung dari komoditas kayu merbau maupun matoa yang tumbuh di pedalaman hutan Papua.

Adapun produk patung tersebut bernilai jual tinggi, bahkan dilirik hingga mancanegara karena kualitas kayu yang digunakan.

Dengan kondisi yang demikian, ia mengatakan lebih tepat sasaran bila mengembangkan sektor ekonomi kreatif daripada memaksakan menjadi petani untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Suku Asmat

"Tanpa kajian dengan pendekatan antropologis maupun sosiologis, kami tidak akan memiliki kepekaan terhadap aspek lokalitas yang ternyata dapat diberdayakan untuk peningkatan kualitas hidup daerah tertinggal," jelas Rafdinal.

Jumlah desa sangat tertinggal saat ini telah berkurang sebanyak 8.603 desa sejak tahun 2015, dari yang awalnya berjumlah 13.453 menjadi 4.850 desa di tahun 2023.

Baca juga: Desa wisata dan tanggap bencana masuk program kunci Kemendes PDTT 2024
Baca juga: Penambahan desa mandiri sebaiknya tidak kurangi dana desa

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023