Makassar (ANTARA News) - Maskapai penerbangan nasional Lion Air menyatakan kesiapannya untuk membuka rute penerbangan langsung Makassar-Singapura.

"Kita usahakan tahun ini, kalau tidak ada akses promosi wisata ke luar negeri akan sulit, Selain itu, kita juga akan membentuk jaringan di Sulawesi sendiri," kata Presiden Direktur Lion Air, Rusdi Kirana, di Makassar, Kamis.

Ia mengaku, pihaknya akan mengupayakan fekuensi rute penerbangan tersebut akan dilakukan sebanyak empat kali dalam satu minggu.

Menurut dia, hingga 2016 pihaknya akan menambah 178 unit armada dengan rata-rata penambahan sebanyak satu hingga tiga unit per bulan.

Dalam waktu dekat pihaknya juga akan melakukan penambahan frekuensi penerbangan rute Makassar-Jakarta menjadi 10 kali penerbangan sehari dan Medan-Jakarta 17 kali sehari.

"Untuk Makassar sendiri frekuensi penerbangan kita sudah mencapai 61 kali sehari," katanya.

Terkait wacana menempatkan Makassar sebagai pusat manajemen Lion Air, ia menilai hal tersebut sebagai sebuah anjuran yang baik karena letak Makassar yang berada di tengah Indonesia.

"Bisa saja, tapi mungkin butuh waktu, namun kita percaya diri dengan rencana ini selain didukung dari sisi geografis, juga didukung gubernur," ujarnya.
(ANT/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010