Batam (ANTARA News) - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menarik 46 obat tradisional yang mengandung bahan kimia obat.

Peringatan (public warning) itu dikeluarkan BPOM RI dan disebarkan ke seluruh Balai POM yang terdapat di seluruh provinsi, Kamis.

Dalam surat yang diterima BPOM Kepulauan Riau, Kepala BPOM RI, Kustantinah mengatakan berdasarkan analisis risiko temuan pengawasan, masih ditemukan obat tradisional yang mengandung bahan kimia obat yang dilarang dicampurkan.

Sebagian besar hasil temuan pengawasan itu merupakan produk ilegal atau tidak terdaftar di Badan POM RI, namun mencantumkan nomor pendaftaran fiktif pada label.

Kebanyakan obat tradisional itu mengandung parasetamol, Natrium Diklofenak, Sildenafil Sitrat, Fenilbutason dan CTM.

Ia menyerukan kepada masyarakat agar berhati-hati dan waspada serta tidak mengonsumsi obat tradisional itu karena dapat menyebabkan dampak buruk terhadap kesehatan, bahkan fatal.

Ke 46 obat tradisional itu adalah Wei Yi Xin Kapsul, Gemuk Segar Eka Jaya No.1 serbuk, Keteling Jiaonang, Pegal Linu Eka Jaya No.2 serbuk, Pegal Linu Sari Widoro COD, Yin Chiao tablet, Gemuk Sehat Pusaka Raga, Tenaga Sehat Pegal Linu Serbuk, Asam Urat Flu Tulang Super, Buah Delima darah Tinggi kapsul, Buah Delima kapsul, Gajah Kuat tablet dan Gemuk Sehat untuk Pria dan Wanita Jati Sehat.

LaluObat Gatal-gatal (Eksim) Brantas kapsul, Obat Kuat Tongkat mesir serbuk, Pakar Jaya Asam Urat Si Tangkur serbuk, Power Sex kapsul, Serbuk Brastomolo, Top Jaya Sakti kapsul, Torpedo serbuk, Walet Mas serbuk, Yunang kapsul, Chang San serbuk, Flu tulang serbuk, Puji Sehat Gemuk Sehat serbuk, Sukma Perkasa Asam Urat serbuk, Asam Urat + Flu Tulang Ramuan Mahkota Dewa kapsul dan Kamasutra serbuk.

Kemudian Pegal Linu dan Asam Urat Montalin kapsul, Gudong Ijo kapsul, Buah Merah Khusus Pria dan Wanita kapsul, Pa`e Obat Kuat dan Tahan Lama kapsul, Kuat Jantan Obat Kuat dan Tahan Lama kapsul, Gemuk Sehat kapsul, Akar Jawa China kapsul, Pegal Linu Rheumatik Asam Urat untuk Pria dan Wanita Kuat Sentosa serbuk, Multi Guna Kaler untuk Pria dan Wanita Serbuk, Asam Urat Kaler untuk Pria dan wanita serbuk, Samurat Extra untuk Pria dan Wanita serbuk, Asam Urat Nyeri Tulang Pengapuran kapsul, 5x LEbih Dahsyat Obat Kuat dan Tahan Lama tablet, On-Top kapsul, Linzhe Ba Zi Hu Zin Lin tablet, New Happy Strong kapsul dan Morinda Gingseng kapsul. (Y011/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010