Padang (ANTARA News) - Japan International Cooperation Agency (JICA) membangun 10 unit sekolah percontohan ramah gempa di Kota Padang dan Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat (Sumbar).

Sebanyak 10 unit sekolah yang dibangun Jica ramah gempa itu, terdiri dari tiga unit di Kota Padang, tujuh unit di Kabupaten Padangpariaman untuk tingkat SDN dan SMPN, kata tim kajian JICA, Yoshitaka Yamazaki, dalam Workshop peluncuran Pedoman Konstruksi Sekolah Ramah Gempa berlangsung di Aula Dinas PSDA Sumbar, Kamis.

Sepuluh sekolah ramah gempa yang dibangun dengan lokasi, Sintuk Toboh Gadang, Kabupaten Padangpariaman, SDN02 V Koto Timur, SDN08 2x11 Enam Lingkung, SDN03 V Koto Kampung Dalam.

Berikutnya, SDN07 Sungai Geringging, SDN05 Batang Gasang, SDN01 Enam Lingkung, SMPN 1 Enam Lingkung dan di Kota Padang, SDN 23/24, SMPN 07 dan SMPN 25 Padang.

Yoshitaka menyampaikan, tim kajian JICA menargetkan pengerjaan proyek sepuluh sekolah percontohan ramah gempa itu selesai sampai akhir tahun.

Dari hasil kajian tim JICA, bangunan sekolah di Sumbar yang terkena dan rawan gempa karena dibangun pada 1970-an dan 1980-an, ditambah kurang pemeliharaan serta kurang dipatuhinya peraturan bangunan.

Dalam pedoman pembangunan gedung sekolah aman gempa JICA, bahwa sekolah yang aman gempa dapat menyelamatkan para siswa, dapat digunakan sebagai pusat evakuasi, distribusi informasi, penyediaan makanan dan distribusi barang batuan.
(KR-SA/S005)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010