Jakarta (ANTARA News) - Unggulan kelima Taufik Hidayat mengalahkan peringkat satu dunia Lee Chong Wei dari Malaysia untuk maju ke semifinal Kejuaraan Dunia di Paris, Prancis, Jumat.

Juara dunia 2005 dan Olimpiade 2004 itu berjuang selama satu jam untuk meraih kemenangan 21-15, 11-21, 21-12 atas Lee Chong Wei di Stadion Pierre de Coubertin dan membuka peluang meraih gelar juara dunia keduakalinya.

"Saya tidak percaya saya menang hari ini karena dalam pertemuan terakhir di Indonesia Terbuka saya kalah," kata Taufik dalam wawancara di tepi lapangan usai pertandingan.

Terakhir kali Taufik mengalahkan Lee Chong Wei terjadi dua tahun lalu di Prancis Super Series 2008, setelah itu lima kali berturut-turut ia selalu kalah.

Pada semifinal, Taufik akan menghadapi unggulan 13 Park Sung Hwan dari Korea Selatan yang secara mengejutkan menyingkirkan juara tiga kali berturut-turut, unggulan ketiga Lin Dan dari China dalam dua game langsung 21-13, 21-13.

Berdasarkan rekor pertemuan sebelumnya dengan Park Sung Hwan (7-0 untuk Taufik) seharusnya pemain peringkat empat dunia itu dapat mengatasi pebulutangkis Korea tersebut.

Pemain China lainnya, Chen Jin yang menjadi unggulan keempat juga meraih satu tempat di semifinal dengan menyisihkan Hsueh Hsuan Yi dari Taiwan 22-24, 21-5, 21-13.

Chen Jin akan melawan pemenang antara unggulan kedua Peter Gade dari Denmark dengan Kazushi Yamada dari Jepang yang bertanding belakangan. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010