Info Haji

Vaksinasi COVID-19 calon haji Kabupaten Bogor-Jabar capai 98 persen

Vaksinasi COVID-19 calon haji Kabupaten Bogor-Jabar capai 98 persen

Kepala Bidang Pengenda­lian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, dr Dedi Syarif. (FOTO ANTARA/M Fikri Setiawan)

Jamaah calon haji yang jumlahnya sekitar 3.000 orang ini, apakah berangkat atau tidak tahun 2021 ini, mereka harus tetap divaksin COVID-19
Cibinong, Bogor (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Jawa Barat menyatakan progres vaksinasi COVID-19 terhadap ribuan jamaah calon haji (JCH) daerah itu sudah mencapai 98 persen, meski belum ada kepastian mengenai kepastian ibadah haji tahun 2021.

"Jamaah calon haji yang jumlahnya sekitar 3.000 orang ini, apakah berangkat atau tidak tahun 2021 ini, mereka harus tetap divaksin COVID-19," kata Kepala Bidang Pengenda­lian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Kabupaten Bogor, dr Dedi Syarif di Cibinong, Kabupaten Bogor, Ahad (30/5).

Ia menjelaskan vaksinasi terhadap ribuan calon haji tersebut dilakukan secara tersebar di sejumlah Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH).

“Karena target vaksinasi di Kabupaten Bogor ini cukup banyak, maka kita 'deadline' setiap KBIH. Khawatir ada perubahan kebijakan dari pusat juga, sehingga jamaah calon haji di Kabupaten Bogor lebih siap untuk berangkat karena sudah divaksin semua,” katanya.

Ia menyebutkan bahwa semula vaksinasi hanya diberikan kepada calhaj lanjut usia (lansia). Tapi, di pertengahan jalan ada perubahan kebijakan, sehingga seluruh calon haji dengan usia di atas 18 tahun wajib divaksin.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat selesai 100 persen vaksinasi kepada calon haji. Jadi, nanti ting­gal tunggu keputusan pemerintah pusat untuk berangkat atau tidaknya,” kata Dedi Syarif.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Khoirizi, mengatakan, hingga saat ini belum ada kepastian mengenai kapan pemberangkatan haji akan dimulai kembali.

“Sementara ini kami terus mengikuti perkembangan. Kami terus menunggu dari pemerintah Arab Saudi,” katanya.

Baca juga: 2.060 pelaku usaha wisata di Puncak Bogor jalani vaksinasi

Baca juga: Hanya 5 dari 3.421 calhaj Kab. Bogor ajukan pengembalian pelunasan

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 untuk lansia di Bogor capai 6,7 persen

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Calon jamaah haji lansia Aceh Utara terima vaksin tahap dua

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar