London (ANTARA News/AFP) - Harga minyak dunia jatuh di bawah 74 dolar pada Selasa, karena investor cemas tentang pemulihan ekonomi Amerika Serikat yang terhuyung-huyung jelang data kunci pekerjaan yang akan terbit minggu ini, kata analis.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman Oktober, merosot 1,16 dolar AS menjadi 73,54 dolar per barel.

Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Oktober kehilangan 90 sen menjadi 75,70 dolar pada akhir transaksi sore.

Pasar minyak terus turun meskipun ada berita tentang kenaikan mengejutkan kepercayaan konsumen di Amerika Serikat.

Indeks keyakinan konsumen dari The Conference Board naik tak terduga dalam Agustus menjadi 53,5, mengalahkan perkiraan ekonom untuk 50 tetapi tidak cukup untuk menghilangkan kekhawatiran ekonomi melambat tajam setelah serangkaian data baru-baru ini lemah.

"Harga minyak terus berjuang karena sentimen masih lemah akibat

data ekonomi buruk di Amerika Serikat," kata analis Westhouse Securities, David Hart.

"Kekhawatiran tentang perlambatan pertumbuhan ekonomi lebih lanjut dan persediaan yang tinggi (minyak) akan terus menekan harga."

Sentimen terpukul pada Senin oleh laporan dari Departemen Perdagangan Amerika Serikat yang menunjukkan pendapatan pribadi naik hanya 0,2 persen pada Juli, kurang dari perkiraan kenaikan sebesar 0,3 persen.

Pasar sedang menunggu data penting lainnya minggu ini, termasuk angka industri manufaktur pada Rabu dan angka kunci pekerjaan pada Jumat, yang diperkirakan mendapatkan dorongan jelas tentang prospek ekonomi AS.(*)

(A026/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010