Jakarta (ANTARA News) - Nokia Siemens Networks (NSN) telah membuktikan perannya dalam memajukan TD-LTE kerena telah memenuhi spesifikasi uji TD-LTE yang ditetapkan oleh Kementerian Industri dan Teknologi Informatika Cina (MIIT).

Tong Wang, president Beijing Samsung Telecom R&D Center mengatakan,"kami sudah mendapatkan hasil menakjubkan dari uji coba ini dan sedang bekerja sama dengan Nokia Siemens Networks dalam memajukan ekosistem TD-LTE."

Kesiapan komersial perangkat adalah indikator kunci kesuksesan teknologi baru, dan hasil uji coba terbaru menunjukkan bahwa sekarang kami telah siap untuk TD-LTE.

Dalam pers rilisnya, NSN menjelaskan uji coba yang sukses dilakukan pada pita 2.3GHz di laboratorium MIIT di Beijing Cina ini menandai pencapaian penting dalam komersialisasi TD-LTE.  

Setelah pengujian, Nokia Siemens Networks juga berhasil melakukan panggilan video high definition pertama di dunia, termasuk handover dengan perangkat TD-LTE Samsung.

"Memenuhi spesifikasi uji coba TD-LTE yang telah ditetapkan oleh MIIT dan sukses melakukan panggilan video high definition dengan handover adalah tonggak penting dalam daftar pencapaian kami, tambah Paul Pan, Head of Network Sistem, Greater China Region, Nokia Siemens Networks.

Nokia Siemens Networks berada di garis terdepan dalam pengembangan dan komersialisasi TD-LTE, dengan bekerja sama secara aktif dengan para operator telekomunikasi dan produsen perangkat.  

Perusahaan ini baru saja mengumumkan panggilan data interoperabilitas TD-LTE yang pertama dengan prototype USB dongle TD-LTE dari Samsung dan panggilan video TD-LTE pertama antara Shanghai dan Taipei.

Long Term Evolution (LTE) adalah teknologi broadband bergerak dan langkah evolusioner dari jaringan GSM, WCDMA/HSPA/HSPA+, TD-SCDMA, CDMA dan WiMAX. Teknologi ini menjanjikan penyediaan layanan broadband dan ponsel pintar, berkat kecepatan data yang lebih tinggi, latensi yang lebih rendah dan arsitektur all-IP network flat.

Nokia Siemens Networks adalah penggerak layanan telekomunikasi global terkemuka dan menyediakan portofolio teknologi pada jaringan bergerak, tetap dan konvergen serta layanan-layanan profesional termasuk konsultansi dan integrasi sistem, pemasangan dan pemeliharaan serta layanan terkelola.

Nokia Siemens Network adalah salah satu perusahaan perang keras dan lunak dan layanan profesional telekomunikasi terbesar di dunia.

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010