Alhamdulillah hasil tes swab antigen yang saya lakukan pada Senin (1/6) hasilnya negatif COVID-19.
Banda Aceh (ANTARA) - Bupati Aceh Besar, Provinsi Aceh Mawardi Ali memastikan dirinya bebas atau negatif dari COVID-19 setelah melaksanakan tes swab antigen di daerah setempat setelah sebelumnya sempat bertemu dengan Gubernur Aceh, Nova Iriansyah yang terkonfirmasi positif COVID-19..

“Alhamdulillah hasil tes swab antigen yang saya lakukan pada Senin (1/6) hasilnya negatif COVID-19. Pemeriksaan ini rutin saya lakukan setiap melaksanakan aktivitas sebagai upaya menjaga diri dan masyarakat yang berinteraksi langsung,” katanya di Aceh Besar, Rabu.

Pernyataan itu disampaikan dirinya melalui Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Muhajir di mana Bupati Aceh Besar sebelumnya sempat bertemu dengan Gubernur Aceh, Nova Iriansyah yang positif COVID-19.

Ia menjelaskan pemeriksaan rutin yang dilakukan setiap awal pekan tersebut guna memastikan dirinya bebas dari virus tersebut menyusul dengan beragam kegiatan yang dilakukan sebagai kepala daerah.

“Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam upaya memotong mata rantai penyebaran COVID-19 di daerah ini,” kata Muhajir

sebelumnya Gubernur Aceh Nova Iriansyah dinyatakan positif COVID-19 usai melakukan tes usap atau swab PCR (polymerase chain reaction) pada Senin (31/5) 2021.

"Berdasarkan hasil swab PCR yang bapak Gubernur lakukan pada hari Senin pagi, beliau dipastikan terpapar COVID-19 tanpa gejala,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto di Banda Aceh.

Iswanto menjelaskan selama ini Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengikuti semua kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Semua kegiatan, baik kegiatan formal maupun non-formal seperti penerimaan tamu dilakukan dengan prokes yang ketat,” katanya.

Ia mengatakan Nova Iriansyah sendiri rutin melakukan tes PCR pada setiap Senin pagi selama pandemi guna memastikan gubernur yang melakukan aktivitas dan berjumpa orang banyak dan beragam tidak terpapar.

“Artinya, gubernur telah menjaga dirinya dan lingkungannya dengan baik agar tidak terpapar,” katanya.

Ia menegaskan meski terpapar COVID, gubernur tetap akan melakukan aktivitas harian seperti memimpin rapat dan memberikan arahan kepada pimpinan SKPA melalui daring.

"Semua kegiatan pemerintahan Insya Allah akan berlangsung seperti biasa. Pak Gubernur tetap akan memimpin rapat, melalui daring tentunya," demikian Iswanto.

Baca juga: Gubernur Aceh Nova Iriansyah positif COVID-19

Baca juga: Vaksinasi tenaga kesehatan di Aceh Besar sudah 99 persen

Baca juga: Tak ada pemaksaan untuk vaksinasi di Aceh Besar


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021