Jakarta (ANTARA News) - Panasonic Corp bertujuan meraih 50 persen pangsa pasar televisi 3D Eropa tahun ini karena permintaan melampaui harapan dan teknologi ini memenangkan konversi seluruh dunia, kata kepala Panasonic Eropa pada Kamis.

Perusahaan mengharapkan penjualan televisi 3D menghasilkan 15-20 persen dari pendapatannya di Eropa tahun ini, kata Laurent Abadie kepada Reuters dalam sebuah wawancara menjelang awal pertunjukan perdagangan elektronik konsumen IFA di Berlin.

Panasonic adalah pembuat TV flat terbesar keempat di dunia di belakang Samsung Electronics Co Ltd, LG Electronics Inc, dan Sony Corp.

Samsung, yang pertama kali ke pasar, diharapkan akan menjadi raja pasar TV 3D di seluruh dunia, tapi Panasonic, Sony, dan LG Electronics tidak jauh dibelakang.

Pada Agustus Panasonic memiliki pangsa pasar 35 persen di Eropa untuk TV 3D dengan layar 50 inci atau lebih besar.

Abadie mengatakan perusahaan telah dikejutkan oleh tingginya permintaan TV 3D.

"Kami memiliki target yang cukup agresif, tetapi permintaan tiga sampai empat kali lebih tinggi," kata Abadie. Dia menolak mengatakan apa target Panasonic.

Permintaan tambahan telah menyebabkan beberapa masalah pengiriman, kata Abadie, tetapi pengiriman akan kembali ke jalur bulan ini.

Abadie mengatakan produk baru akan melakukan tugasnya dalam memenuhi permintaan bahkan lebih.

Abadie berharap tinggi untuk camcorder 3D Panasonic dan kamera baru Lumix seri G, yang datang dengan lensa 3D dan akan diperkenalkan kepada publik di pameran fotografi Photokina di Köln akhir bulan ini.

Perusahaan research teknologi ISupply mengharapkan 4.2 juta perangkat TV 3D akan dijual secara global tahun ini, atau sekitar 2 persen dari semua TV LCD, naik menjadi 78 juta pada 2015.

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010